Kamis, 16/05/2024 - 03:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

BMKG: Gempa Bumi M5,3 di Teluk Tomini Akibat Aktivitas Sesar Lokal

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa berkekuatan magnitudo 5,3 yang mengguncangkan wilayah Teluk Tomini, Sulawesi Tengah (Sulteng) karena adanya aktivitas sesar lokal.(ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa berkekuatan magnitudo 5,3 yang mengguncangkan wilayah Teluk Tomini, Sulawesi Tengah (Sulteng) karena adanya aktivitas sesar lokal.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Kamis, mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,57 Lintang Selatan (LS) dan 122,19 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 kilometer arah TImur Laut Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, pada kedalaman 17 kilometer.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal,” paparnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Masyarakat Diimbau Waspada Potensi Longsor dan Banjir Bandang Setelah Gempa Garut 6.2 M

Ia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique normal fault).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Daryono mengatakan gempa yang terjadi pada Kamis (6/4/2023) pukul 07.32.04 WIB itu berdampak dan dirasakan di daerah Ampana dengan skala intensitas III-IV MMI (Modified Mercally Intensity), artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Gempa juga terasa di daerah Malili dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu). Dan daerah Poso dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu). “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kataDaryono.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Percepat Penanganan Bencana di Sumbar, BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca

Hingga pukul 08.10 WIB, lanjut dia, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan M3,1.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Daryono mengimbau kepada masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tuturnya.

Selain itu ia juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi