Rabu, 01/05/2024 - 18:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Menlu Saudi dan Iran Bertemu di Cina

ADVERTISEMENTS

Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Xinhua ini, Ali Shamkhani, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, di sebelah kanan, berjabat tangan dengan penasihat keamanan nasional Saudi Musaad bin Mohammed al-Aiban, di sebelah kiri, sebagai Wang Yi, diplomat paling senior China, terlihat, di tengah, untuk foto selama pertemuan tertutup yang diadakan di Beijing, Sabtu (11/3/2023). Iran dan Arab Saudi pada Jumat sepakat untuk membangun kembali hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan setelah tujuh tahun ketegangan. Terobosan diplomatik besar yang dinegosiasikan dengan China menurunkan kemungkinan konflik bersenjata antara saingan Timur Tengah, baik secara langsung maupun dalam konflik proksi di sekitar wilayah tersebut.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

BEIJING — Para menteri luar negeri Arab Saudi dan Iran bertemu di Beijing pada Kamis (6/4/2023). Ini merupakan langkah lanjutan menuju rekonsiliasi setelah tujuh tahun ketegangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Malaysia Dukung Seruan Dewan HAM PBB Hentikan Penjualan Senjata ke Israel
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pertemuan itu dilakukan sebulan setelah kedua negara sepakat untuk membangun kembali hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan di masing-masing negara pada Mei. Kesepakatan itu ditengahi oleh Beijing. Ini merupakan kemenangan diplomatik besar bagi Cina karena negara-negara Teluk Arab menganggap Amerika Serikat perlahan-lahan menarik diri dari Timur Tengah yang lebih luas.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Langkah ini juga terjadi ketika para diplomat telah berusaha untuk mengakhiri perang panjang di Yaman, yaitu sebuah konflik di mana Iran dan Arab Saudi mengakar kuat. Pemulihan hubungan Saudi dan Iran menurunkan kemungkinan konflik bersenjata antara negara saingan di Timur Tengah.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Sejumlah Orang Ditembak Saat Perayaan Idul Fitri di Philadelphia

Pada Kamis pagi, televisi Al-Ekhbariya yang dikelola pemerintah Arab Saudi menayangkan rekaman video Menteri Luar Negeri Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud dan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian saling berjabat tangan dan duduk berdampingan. Sementara televisi pemerintah Iran mengatakan kedua menteri bertemu untuk membahas rincian pembukaan kembali kedutaan d masing-masing negara.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Ini adalah pertemuan formal pertama diplomat senior dari kedua negara sejak 2016. Saudi memutuskan hubungan dengan Iran setelah pengunjuk rasa menyerbu pos diplomatik Saudi di negara itu. Beberapa hari sebelum memutuskan hubungan dengan Iran,  Arab Saudi telah mengeksekusi seorang ulama Syiah terkemuka bersama 46 orang lainnya beberapa. Hal ini memicu demonstrasi.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi