Selasa, 25/06/2024 - 09:18 WIB

ASIAINTERNASIONAL

Ilmuwan Cina Klaim Covid-19 Mungkin Berasal dari Manusia

Kasus pertama Covid-19 dilaporkan di kota Wuhan, Cina tengah pada Desember 2019.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya

Covid 19 (ilustrasi). Ilmuwan Cina telah mengklaim bahwa virus Covid-19 mungkin berasal dari manusia. Peneliti menganalisis lebih dari 1.300 sampel DNA yang dikumpulkan dari hewan dan lingkungan di pasar di Wuhan.

BEIJING — Ilmuwan Cina telah mengklaim bahwa virus Covid-19 mungkin berasal dari manusia. Peneliti menganalisis lebih dari 1.300 sampel DNA yang dikumpulkan dari hewan dan lingkungan di pasar di Wuhan.

Presiden Taiwan Sampaikan Niat Bekerja sama ke Cina

Kantor Informasi Dewan Negara Cina menyatakan, para ilmuwan mengklaim bahwa data DNA yang dibagikan di jurnal internasional Nature menunjukkan, strain yang ditemukan dalam sampel dari pasar makanan laut Huanan atau tempat kasus pertama muncul lebih mungkin berasal dari manusia. Tidak ada virus korona pada salah satu dari 457 sampel hewan yang diperiksa, yang meniadakan kemungkinan penularan dari hewan.

“Temuan ini menunjukkan bahwa dalam kasus di pasaran, virus itu ditularkan dari orang lain, bukan dari hewan yang dijual,” kata Tong Yigang dari Beijing University of Chemical Technology.

Warga Gaza Laksanakan Sholat Idul Adha di Tengah Reruntuhan

Peneliti Cina pun menegaskan, belum ada bukti yang cukup untuk mendukung penelitian terbaru yang menyatakan bahwa anjing rakun adalah asal dari virus korona. Tong mengatakan, tidak ada data tentang kemungkinan virus itu dibuat di laboratorium.

Kasus pertama pandemi Covid-19 dilaporkan di kota Wuhan di Cina tengah pada Desember 2019. Virus ini kemudian menyebar ke seluruh dunia dan dinyatakan sebagai pandemi global dan merenggut jutaan nyawa.

وَإِنَّا لَجَاعِلُونَ مَا عَلَيْهَا صَعِيدًا جُرُزًا الكهف [8] Listen