Selasa, 21/05/2024 - 06:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri Canberra Umumkan Daftar Pemilih Sementara

 CANBERRA — Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri Canberra (PPLN Canberra) resmi mengumumkan Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN) untuk wilayah Canberra dan sekitarnya. DPSLN dapat dilihat baik secara langsung maupun media sosial PPLN Canberra dan KBRI Canberra.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

DPSLN merupakan rekapitulasi hasil pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan antara 12 Februari hingga 14 Maret 2023 lalu. PPLN Canberra menjaring sejumlah data pemilih yang memenuhi syarat dan berhak mencoblos pada Pemilu yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 nanti.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ketua PPLN Canberra, David Silalahi mengatakan, Pemilu di luar negeri akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Namun untuk Australia akan dilakukan ‘early voting’. Dan pemungutan suara di luar negeri akan dilaksanakan dengan tiga metode yaitu dengan mencoblos langsung ke TPS, melalui Kotak Suara Keliling, dan mengirimkan surat suara melalui surat pos.

Berita Lainnya:
Anies Mau Maju Pilgub Jakarta, Golkar Sindir Singgung Soal Tak Kuat Jadi Oposisi

Seiring dengan kegiatan proses pemutakhiran data, PPLN Canberra aktif melakukan sosialisasi Pemilu 2024 untuk meningkatkan awareness masyarakat Indonesia di ibukota Australia. Tak hanya pertemuan-pertemuan dengan komunitas, PPLN Canberra juga memanfaatkan media sosial berupa instagram dan facebook yang terbukti cukup efektif menyebarluaskan informasi.

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

David menambahkan PPLN juga membagikan brosur ke barbagai acara sebagai bentuk sosialiasi seperti pawai budaya Canberra Multicultural Festival pada 18 Februari 2023. PPLN Canberra juga aktif menitipkan dan menempelkan brosur sosialisasi dan informasi coklit pada toko-toko groseri yang dimiliki oleh diaspora Indonesia, seperti Kopiku, Good Life, Bali Belly, dan Asian Provisions. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Tak hanya itu, PPLN Canberra juga mengedukasi masyarakat melalui media radio lokal Canberra Multicultural Services. Elisabeth Nguda salah satu penyiar di radio tersebut aktif menginformasikan hal-hal terkait Pemilu 2024 dalam program berbahasa Indonesia yang disiarkan setiap akhir pekan. Disamping itu proses pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih pada komunitas masyarakat Indonesia di Canberra juga dilakukan.

Berita Lainnya:
Laju Ekonomi Kota Depok Semakin Membaik Pascapandemi Covid-19

Komisioner KPU RI, Betty Idroos mengapresiasi kinerja PPLN Canberra. Ia menilai kinerja merepa luar biasa karena capaian dan kreativitas yang dikerjakan. “Ini luar biasa ya, karena banyak capaian-capaian, banyak kreatifitas yang dilakukan. Terutama untuk mengingatkan WNI di Canberra terkait Pemilu 2024,” kata Betty dalam keterangan persnya, Kamis (13/4/2023).

ADVERTISEMENTS

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi