Sabtu, 18/05/2024 - 14:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Ukraina Menolak Tawaran Irak untuk Bermediasi dengan Rusia

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menegaskan kembali posisi negaranya untuk tidak terlibat perundingan damai dengan Rusia kecuali Moskow menarik mundur pasukannya.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 BAGHDAD — Ukraina menolak tawaran Irak untuk melakukan mediasi dengan Rusia. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menegaskan kembali posisi negaranya untuk tidak terlibat perundingan damai dengan Rusia, kecuali Moskow menarik mundur pasukannya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Hal ini disampaikan dalam kunjungan Kuleba ke Baghdad. Ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussien dalam kunjungan pertama pejabat Ukraina ke Irak sejak invasi Rusia pada Februari 2022 dan kunjungan pertama menteri luar negeri Ukraina pertama dalam 11 tahun.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Hussein menekankan, pengalaman Irak dengan perang dan konflik serta menjadi tuan rumah negosiasi pihak-pihak yang bertikai termasuk perundingan Arab Saudi dan Iran baru-baru ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Mahasiswa Universitas Jenewa Lanjutkan Aksi Dukung Palestina

Baghdad menjadi tuan rumah beberapa perundingan Riyadh dan Teheran sebelum negosiasi mengalami kegagalan. Perundingan dilanjutkan dengan Cina sebagai mediator yang menghasilkan pemulihan hubungan dua negara.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“(Baghdad) berpengalaman berkomunikasi dengan negara-negara yang bersitegang, dan sudah pernah menghasilkan perdamaian,” kata Hussien dalam konferensi pers, Senin (17/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Berlanjutnya perang akan berbahaya tidak hanya pada dua negara tapi juga seluruh dunia,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Irak seperti negara Timur Tengah lainnya yang mengandalkan gandum dari Ukraina. Konsumen-konsumen Kiev terbebani kenaikan harga pangan sejak awal perang.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“(Ukraina) melihat irak sebagai negara yang mampu membangun jembatan, tapi Rusia yang menggelar serangan dan hal ini menjadi rintangan terbesar dalam jalan menuju perdamaian,” kata Kuleba.

“Kami membutuhkan Rusia setuju pada fakta yang sangat sederhana untuk menghentikan perang dan mundur,” katanya menambahkan.

Berita Lainnya:
Turki: Untuk Urusan HAM, AS Terapkan Standar Ganda

Pemerintah Irak saat ini dinilai dekat dengan Iran yang Amerika Serikat (AS) tuduh memasok drone ke Rusia yang digunakan dalam perang di Ukraina. Iran mengakui mengirim drone ke Rusia tapi pengiriman dilakukan sebelum perang.

Irak juga menjaga hubungan dengan AS yang memiliki pengaruh kuat di sektor finansialnya. Cadangan mata uang asing Irak disimpan di bank sentral AS, Federal Reserve sejak AS menginvasi negara itu pada tahun 2003 untuk menjatuhkan Saddam Hussein.

Meski menolak tawaran Irak, Kuleba mengatakan, Ukraina berharap dapat memperkuat hubungan dengan negara itu. Ia mengatakan kunjungannya bagian dari upaya “menemukan kembali hubungan Ukraina-Irak.”

sumber : AP

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi