Kamis, 09/05/2024 - 05:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Suswono Dukung Langkah Kementan Antisipasi El Nino

ADVERTISEMENTS

Mantan Menteri Pertanian Suswono. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Mantan Menteri Pertanian 2009, Suswono, mendukung langkah dan antisipasi pemerintah dalam menghadapi cuaca ektrem el nino yang secara aktif terus menyiapkan kebutuhan air baik yang berasal dari sumur bor, irigasi maupun embung. Menurutnya, langkah tersebut harus dilakukan mengingat lahan sawah di beberapa daerah adalah tadah hujan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Oleh karena itu peringatan akan adanya El Nino ini sejatinya menjadi sangat penting agar tentu saja stok pangan kita tersedia untuk mengantisipasi pada saat terjadi penurunan produksi. Pemerintah biasanya sudah mengantisipasi karena kalau kita bicara produksi pangan pasti kita bicara tentang air. Nah Air ini kan harus tersedia sepanjang tahun,” ujar Suswono dikutip dari Food Agri Insight CNBC, Kamis (4/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kementan Realisasikan Bantuan Pompa 262 Unit untuk Petani Lebak
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sejauh ini, kata Suswono, Kementerian Pertanian sudah mempersiapkan program embung secara baik sehingga lahan sawah yang kategori tadah hujan bisa terairi secara merata. Menurutnya, program semacam ini yang diperlukan petani dalam menjaga produksi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Tentu saja Kementerian Pertanian harus mempersiapkan program-program rutin seperti membuat kembung yang banyak di berbagai tempat, terutama yang tadah hujan yang tidak ada irigasi. Kalau untuk yang irigasi sepanjang suplai airnya aman saya kira tidak ada masalah,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Berikutnya, dia menilai kehadiran penyuluh di tiap kecamatan sangat membantu dalam menguatkan petani yang terus berproduksi. Penyuluh bagi Suswono harus menjadi garda terdepan dalam membantu petani menyiapkan suplai air dari berbagai titik.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Kemenparekraf: Kunjungan Wisata Tertinggi di Jawa Selama Libur Lebaran

Dengan berbagai antisipasi tersebut, Suswono berharap Indonesia mampu melewati cuaca ektrem musim kemarau panjang yang berpotensi menurunkan produksi dalam negeri. Sekali lagi, kata dia peran petani dalam menyediakan air perlu didampingi penyuluh yang tersebar di tiap kecamatan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Dan saya kira biasanya para penyuluh itu sudah memberikan penjelasannya kepada para petani bahwa akan terjadi El Nino. Oleh karena itu mereka harus menyiapkan pompa-pompa untuk mengambil air dari sungai atau mungkin dari sumber-sumber lain yang memungkinkan untuk dialirkan ke sawah-sawah,” jelasnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi