Selasa, 30/04/2024 - 01:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Amalan Ini Membawa Kita Mendapat Kamar Tembus Pandang di Surga

ADVERTISEMENTS

Kamar-kamar Surga yang Tembus Pandang. Foto: Ilustrasi Surga

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Para penghuni surga akan disuguhkan berbagai keindahan bangunan-bangunan di dalamnya. Satu di antaranya adalah kamar-kamar para penghuni surga. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan melalui jalur Ali bin Abi Thalib terdapat penjelasan Rasulullah SAW tentang gambaran kamar-kamar para penghuni surga yang dapat tembus pandang baik dari dalam maupun dari luar.

ADVERTISEMENTS

Kamar-kamar surga itu diperuntukkan bagi orang-orang yang senantiasa baik perkataannya ketika di dunia artinya tidak pernah mencaci maki orang lain kendatipun yang berbeda pandangan dengannya, dan tidak menghina dan menjatuhkan orang lain. Selain itu kamar-kamar surga yang seperti itu juga diperuntukan bagi orang-orang yang senang memberi makan kepada orang lain terlebih pada orang-orang yang kelaparan, para fakir miskin. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Rasulullah SAW Pernah Terkena Santet? Begini Riwayat yang Mengisahkannya 

Kamar-kamar surga yang seperti itu juga diperuntukkan bagi orang-orang yang terbiasa melaksanakan puasa sunah baik itu puasa sunah Senin Kamis, puasa Daud atau puasa sunah lainnya. Dan kamar-kamar surga yang seperti itu juga diperuntukkan bagi orang-orang yang senang qiyamullail melaksanakan sholat sunah tahajud dan lainnya ketika orang lain terlelap tidur. 

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ عَلِيٍّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ فِي الْجَنَّةِ لَغُرَفًا يُرَى ظُهُورُهَا مِنْ بُطُونِهَا وَبُطُونُهَا مِنْ ظُهُورِهَا فَقَامَ إِلَيْهِ أَعْرَابِيٌّ فَقَالَ لِمَنْ هِيَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ هِيَ لِمَنْ أَطَابَ الْكَلَامَ وَأَطْعَمَ الطَّعَامَ وَأَدَامَ الصِّيَامَ وَصَلَّى لِلَّهِ بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَقَدْ تَكَلَّمَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ فِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ إِسْحَقَ هَذَا مِنْ قِبَلِ حِفْظِهِ وَهُوَ كُوفِيٌّ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِسْحَقَ الْقُرَشِيُّ مَدَنِيٌّ وَهُوَ أَثْبَتُ مِنْ هَذَا

Berita Lainnya:
Tata Cara Sholat Sunnah Tobat

Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami Ali bin Mashir dari Abdurrahman bin Ishaq dari An Nu’man bin Sa’ad dari Ali berkata, Rasulullah ﷺ bersabda: 

“Sesungguhnya di surga ada kamar-kamar, luarnya terlihat dari dalam dan dalamnya terlihat dari luar.” 

Seorang Badui menghampiri beliau, ia bertanya: Itu untuk siapa, wahai Rasulullah? 

Beliau menjawab, “Bagi yang membiasakan ucapannya baik, memberi makan, membiasakan puasa, sholat malam untuk Allah saat orang-orang tidur.” 

Berkata Abu Isa: Hadits ini gharib. Sebagian ahlul ilmi membicarakan Abdurrahman bin Ishaq dari sisi hafalannya, ia orang Kufah, sementara Abdurrahman bin Ishaq Al Qurasy, orang Madinah, lebih kuat hafalannya dari dia. (HR. Tirmidzi) 

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi