Minggu, 05/05/2024 - 21:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Pesan-Pesan Abu Bakar Sebelum Wafat untuk Khalifah Umar bin Khattab

ADVERTISEMENTS

Abu Bakar Ash-Shiddiq, khalifah pertama Khulafur Rasyidin.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA – Pada suatu malam, sinar rembulan masuk ke celah-celah jendela kamar sahabat Nabi Muhammad SAW terdekat Abu Bakar RA. Di kamar itu beberapa orang sahabat tengah berkumpul. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pada Senin malam itu, 21 Jumadil Akhir tahun 13 Hijriyah atau 22 Agustus 832 Masehi, Abu Bakar menghembuskan nafas terakhirnya. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Seluruh kaum Muslim kehilangan seorang khalifah yang sangat mulia, jujur dan halus budi pekertinya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Menjelang wafat, Abu Bakar menulis beberapa wasiat untuk Umar bin Khattab yang baru saja dilantik menjadi seorang khalifah.    

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Pesan sahabat Abu Bakar untuk Umar bin Khattab ini dilansir dari buku Kisah Hidup Umar bin Khattab yang ditulis Dr Musthafa Murad, Guru Besar Universitas Al-Azhar Kairo.   

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pujian Sarjana Barat Eks Biarawati Terhadap Umar Bin Khattab Saat Taklukkan Yerusalem 

Abu Bakar berpesan kepada Umar bin Khattab sebagai berikut ini: “Wahai putra Khattab, sesungguhnya Allah telah memikulkan tanggung jawab ini pada malam hari maka janganlah kamu menangguhkannya pada siang hari. Sesungguhnya Allah telah memikulkan tanggung jawab ini pada siang hari maka janganlah kamu tangguhkan pada malam hari.”

“Wahai putra Khattab, sesungguhnya Allah tidak akan menerima amalan-amalan sunah sebelum kamu menunaikan amalan-amalan fardhu (wajib). Kamu mengetahui wahai Umar pada hari penghitungan kelak sesungguhnya neraca amal seseorang akan menjadi berat dikarenakan ia melaksanakan kebenaran. Kamu juga mengetahui pada hari perhitungan kelak sesungguhnya neraca amal seseorang akan menjadi ringan dikarenakan ia membela kepalsuan.”

“Kamu mengetahui wahai Umar bahwa Allah menurunkan ayat-ayat harapan dan kebahagiaan di dalam ayat-ayat ancaman dan kepedihan. Allah menurunkan ayat-ayat kepedihan di dalam ayat yang ada harapan hal ini dimaksudkan agar manusia takut sekaligus berharap serta tidak menyeret dirinya pada kebinasaan dan tidak berharap kepada Allah secara tidak benar.” 

Berita Lainnya:
Idul Fitri Jadi Momen Silaturahim, Ini Pesan Nabi Muhammad SAW

Baca juga: Pidato Panjang Panji Gumilang di Hadapan Jamaah Al Zaytun, Sebut Dirinya dengan Syekh

“Lihatlah wahai Umar bahwa Allah telah menceritakan penderitaan ahli neraka. Jika kamu mengingatnya maka ucapkanlah dalam batin kamu, semoga aku tidak menjadi golongan mereka (penghuni neraka).” 

“Lihatlah Umar bahwa Allah telah menceritakan kebahagiaan penduduk surga. Jika kamu mengingatnya maka ucapkanlah dalam batin kamu, semoga aku mampu berbuat seperti apa yang telah mereka perbuat.” 

“Jika kamu menjaga wasiat aku ini, maka tidak ada sesuatu yang tidak tampak yang paling kamu sukai selain kematian dan memang begitulah seharusnya. Jika kamu menyia-nyiakan wasiat aku ini, maka tidak ada sesuatu yang tidak tampak tapi paling kamu benci selain kematian dan memang begitulah seharusnya yang kamu lakukan.”    

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi