Transaksi via Muamalat DIN Melonjak Selama Ramadan dan Libur Lebaran

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

JAKARTA – Volume dan total transaksi via aplikasi mobile banking Muamalat DIN dari PT Bank Muamalat Indonesia Tbk melonjak selama periode Ramadhan dan libur Lebaran. Selama periode transaksi 23 Maret hingga 25 April 2023, volume transaksi via Muamalat DIN tercatat senilai Rp 2,4 triliun.

ADVERTISEMENTS

Dibandingkan periode normal sebelum Ramadhan dan Lebaran, angka tersebut meningkat 17,8 persen. Adapun total transaksi via Muamalat DIN selama periode tersebut sebanyak 1.857.523 kali atau meningkat 19,7 persen dibandingkan periode normal.

ADVERTISEMENTS

Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat Wahyu Avianto mengatakan, secara umum yang dominan adalah transaksi pindah buku atau overbooking dan top up uang elektronik. Volume transaksi seperti pembayaran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf) juga meningkat drastis sebesar 272 persen dibandingkan periode sebelum Ramadhan.

ADVERTISEMENTS

Kata Wahyu, sejak pertama kali diperkenalkan pada November 2019, Muamalat DIN terus menunjukkan tren sangat positif baik dari segi fitur maupun transaksi. “Lonjakan transaksi selama Ramadan dan libur Lebaran membuktikan Muamalat DIN sangat dipercaya masyarakat sebagai kanal pembayaran untuk memenuhi kebutuhan transaksi mereka,” ujar Wahyu, Senin (8/5/2023).

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

Wahyu menjelaskan, saat ini lebih dari 90 persen transaksi nasabah perseroan sudah dilakukan melalui kanal digital dimana mayoritas melalui aplikasi Muamalat DIN. Per 31 Maret 2023, total pengguna aplikasi Muamalat DIN tercatat sekitar 400 ribu. Angka ini meningkat 23,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

ADVERTISEMENTS

Pionir bank syariah di Tanah Air ini juga telah meluncurkan fitur-fitur terbaru di aplikasi Muamalat DIN. Di antaranya, Digital Customer On Board dimana calon nasabah Bank Muamalat dapat membuka rekening baru melalui aplikasi Muamalat DIN di ponsel tanpa perlu datang ke kantor cabang.

ADVERTISEMENTS

Selain itu, terdapat fitur pembayaran menggunakan QR Code yang terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia.

ADVERTISEMENTS

Di aplikasi Muamalat DIN saat ini juga sudah tersedia menu Bank Haji. Dalam menu tersebut, terdapat fitur pendaftaran haji, pelunasan haji, dan pengecekan nilai manfaat haji terkini. Informasi tersebut dapat diperoleh cukup dengan mengakses Muamalat DIN dari mana saja tanpa harus ke kantor cabang Bank Muamalat. Saat ini, pengecekan nilai manfaat haji di Muamalat DIN baru tersedia untuk calon jamaah haji reguler.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version