Jumat, 03/05/2024 - 07:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Imam Al-Ghazali: Fondasi Ibadah adalah Kesabaran dan Daya Tahan

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Dalam kitab Minhajul Abidin yang ditulis Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali atau yang dikenal Imam Al-Ghazali dijelaskan tentang pentingnya bersabar.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Imam Al-Ghazali menerangkan, untuk mengatasi kendala dalam beribadah yang disebabkan oleh musibah dan kesulitan hidup, cukup dengan bersabar. Bersabarlah dengan semua ikhwal kehidupan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pentingnya bersabar agar sampai kepada hakikat dan tujuan ibadah. Sebab pondasi dari ibadah adalah kesabaran dan tahan terhadap berbagai kesulitan hidup. Siapa saja yang tidak dapat atau tidak mampu bersabar maka tidak akan sampai kepada hakikat dan tujuan ibadahnya, sebab orang yang beribadah kepada Allah Ta’ala pasti menghadapi berbagai kesulitan ujian dan musibah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berat cobaannya adalah para Nabi, kemudian para ulama, kemudian orang yang terbaik dan kemudian orang yang terbaik di bawahnya.”

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Bukti Nabi Muhammad Penyabar dan tidak Mudah Marah

Jadi, siapa saja yang berada di jalan kebaikan dan lebih memperdulikan akhirat, pasti akan menghadapi berbagai macam ujian. Jika tidak bersabar menghadapinya, ia akan gagal mencapai tujuan. Karena ia bakal kehilangan konsentrasi dalam beribadah kepada-Nya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Allah Ta’ala telah memberitahu kita melalui Firman-Nya bahwa kita akan menjumpai berbagai bentuk cobaan, musibah, dan akan menguji kita dengannya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

۞ لَتُبْلَوُنَّ فِيْٓ اَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْۗ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْٓا اَذًى كَثِيْرًا ۗ وَاِنْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا فَاِنَّ ذٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْاُمُوْرِ

Kamu pasti akan diuji dalam (urusan) hartamu dan dirimu. Kamu pun pasti akan mendengar banyak hal yang sangat menyakitkan hati dari orang-orang yang diberi Alkitab sebelum kamu dan dari orang-orang musyrik. Jika kamu bersabar dan bertakwa, sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang (patut) diutamakan. (QS Ali ‘Imran: 186)

Berita Lainnya:
Selain tidak Bayar Zakat, Ini 5 Penghambat Rezeki Rumah Tangga

Dilansir dari Kitab Minhajul Abidin yang diterjemahkan Abu Hamas As-Sasaky dan diterbitkan Khatulistiwa Press 2013, Imam Al-Ghazali menjelaskan dalam bukunya, maksudnya persiapkan diri kalian karena pasti kalian akan mengalami berbagai macam ujian. Jika kalian bersabar atasnya, kalian termasuk orang-orang yang gagah berani dan bertekad kuat.

Sebab, orang yang punya tekad untuk beribadah kepada Allah itu wajib lebih dulu bertekad untuk bersabar dalam waktu yang lama dan menyiapkan diri untuk menanggung berbagai kesulitan, yang terus-menerus menghadang hingga ajal menjemput. Kalau tidak demikian, ia seperti seorang yang ingin menang dalam sebuah pertempuran tanpa menggunakan senjata yang memadai, atau dia telah menempatkan dirinya dalam sebuah kegiatan yang tidak menolong upayanya dalam mencapai tujuan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi