Jumat, 21/06/2024 - 04:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Gerakan Perempuan Bersatu Dukung Korban Gang Rape di Sulteng

 PALU — Gerakan Perempuan Bersatu (GPB) Sulawesi Tengah memberikan dukungan penuh kepada korban kasus tindak asusila di bawah umur berinisial R di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah.

ADVERTISMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh

“Kami dari Gerakan Perempuan Bersatu (GPB) Sulawesi Tengah menaruh perhatian dan dukungan penuh pada peristiwa kekerasan seksual yang dialami oleh adik R,” kata salah seorang perwakilan GPB, Lia Fauziah, saat menggelar kegiatan aksi solidaritas dukungan kepada korban, di Rumah Sakit Undata Palu, Jumat (2/6/2023).

ADVERTISMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ia mengatakan bahwa peristiwa yang dialami korban merupakan bentuk kekerasan seksual, yang menjadi peringatan tanda bahaya tentang kasus kekerasan pada perempuan dan anak yang kian meningkat di Sulawesi Tengah.

ADVERTISMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji kepada para Calon Haji Provinsi Aceh dari Bank Aceh Indonesia

Ia menerangkan berdasarkan data Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulawesi Tengah, sejak Januari hingga April 2023 terdapat 144 kasus kekerasan pada perempuan dan anak di Sulteng, yang diantaranya adalah kekerasan seksual. Lia mengemukakan, sejak seminggu terakhir anggota GBP bahu membahu menggalang dukungan moril dan materil untuk korban serta keluarga.

ADVERTISMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Defisit Anggaran, Gubernur Bank Sentral Israel Persoalkan Besaran Dana Militer

 

“Kondisi korban yang saat ini sedang berjuang menahan rasa sakit akibat tindakan kekerasan seksual yang dilakukan oleh 11 pelaku, menjadikannya terancam kehilangan rahim di usia remaja,” katanya.

ADVERTISMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Dia turut menyampaikan dukungan dan perhatian penuh kepada UPT PPA Provinsi Sulawesi Tengah yang dengan sigap telah menangani korban sehingga segera mendapatkan layanan pendampingan.

ADVERTISMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Penghargaan Digital Goverment Award (DGA) Summit 2024

“Juga kepada Rumah Sakit Undata yang telah menyediakan layanan kesehatan terbaik dan teraman bagi korban dan keluarganya,” katanya.

ADVERTISMENTS
Ucapan Selamat atas Pelantikan Jabatan di Pemerintah Aceh. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Sementara itu, Dewi Rana, salah satu perwakilan GPB lainnya, mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal kasus tersebut sampai akhir sampai ke persidangan.”Kami dari Gerakan Perempuan Bersatu, ini adalah kekerasan seksual, pemerkosaan atau apapun namanya itu adalah bagian dari kekerasan seksual,” katanya.

ADVERTISMENTS
Selamat dan Sukses atas dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Hal tersebut, menurut dia, sesuai dengan Undang Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) pasal 4.Selain proses pendampingan hukum, kata dia, pihaknya juga terus memastikan dan mengawal proses pemulihan bagi korban sebab tidak mudah bagi korban kekerasan seksual karena tidak hanya menderita sakit fisik tapi juga psikis.

ADVERTISMENTS
Bayar Jalan Tol dengan menggunakan Pengcard
Berita Lainnya:
Kejanggalan Proyek Tol MBZ Diungkap Ahli Rancang Bangun di Sidang Tipikor

Adapun GPB tersebut tergabung dari beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), komunitas serta individu yang ada di Sulawesi Tengah. Dalam kesempatan itu, GPB memberikan karangan bunga dan belasan bingkisan kepada korban dan keluarga sebagai bentuk dukungan penuh, rasa solidaritas terhadap korban.

ADVERTISMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling bersolidaritas serta bergandengan tangan memberikan dukungan bagi perjuangan korban agar segera pulih dari sakitnya sehingga dapat mengungkapkan kebenaran peristiwa tersebut.

Gerakan Perempuan Bersatu juga meminta agar Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Republik Indonesia (RI) segera membantu penanganan korban, dan meminta Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah untuk segera melakukan pengejaran, penangkapan terhadap tersangka lainnya.

sumber : Antara

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

سَيَقُولُونَ ثَلَاثَةٌ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًا بِالْغَيْبِ ۖ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۚ قُل رَّبِّي أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِم مَّا يَعْلَمُهُمْ إِلَّا قَلِيلٌ ۗ فَلَا تُمَارِ فِيهِمْ إِلَّا مِرَاءً ظَاهِرًا وَلَا تَسْتَفْتِ فِيهِم مِّنْهُمْ أَحَدًا الكهف [22] Listen
They will say there were three, the fourth of them being their dog; and they will say there were five, the sixth of them being their dog - guessing at the unseen; and they will say there were seven, and the eighth of them was their dog. Say, [O Muhammad], "My Lord is most knowing of their number. None knows them except a few. So do not argue about them except with an obvious argument and do not inquire about them among [the speculators] from anyone." Al-Kahf ( The Cave ) [22] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi