Kamis, 25/04/2024 - 08:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rusia Yakin Barat Sengaja Kaburkan Pelaku Peledakan Nord Stream

ADVERTISEMENTS

Dalam gambar yang disediakan oleh Penjaga Pantai Swedia ini, kebocoran gas di Laut Baltik dari Nord Stream difoto dari pesawat Penjaga Pantai pada hari Rabu, 27 September 2022. Kebocoran keempat pada jaringan pipa Nord Stream telah dilaporkan di Swedia selatan. Sebelumnya, tiga kebocoran telah dilaporkan pada dua pipa bawah laut yang mengalir dari Rusia ke Jerman.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

WASHINGTON – Rusia tak sepenuhnya percaya dengan informasi yang disampaikan Barat mengenai pelaku peledakan pipa jaringan gas alam, Nord Stream. Termasuk yang terbaru bocoran informasi intelijen mengenai siapa sebenarnya di balik ledakan itu. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Kedubes Rusia di AS menyatakan, laporan yang mengungkap AS tahu rencana Ukraina menyerang Nord Stream, merupakan upaya terkoordinasi Barat untuk mengecoh dunia mengenai kebenaran terkait ledakan Nord Stream. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Seberapa Tangguh Pertahanan Iran Jika Israel Menyerang?

‘’Kampanye terkoordinasi Barat yang dipimpin AS, bertujuan membuat bingung komunitas internasional,’’ kata diplomat Rusia, Andrey Ledenev dalam pernyataan yang diunggah di saluran perpesanan, Telegram Kedubes Rusia, Rabu (7/6/2023).

ADVERTISEMENTS

Sehari sebelumnya, Washington Post mengutip bocoran informasi yang diunggah daring menyatakan, Juni tahun lalu, CIA mencermati informasi melalui badan mata-mata Eropa, bahwa pasukan operasi khusus Ukraina beranggotan enam orang hendak meledakkan Nord Stream. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

‘’Alasan menyebarkan teori dan berbagai versi pandangan, didukung data rahasia komunitas intelijen lokal, untuk melahirkan banalitas,’’kata Ledenev. Sejumlah ledakan di bawah laut terjadi pada Nord Stream 1 dan Nord Stream 2 yang baru dibangun pada 2022. 

Berita Lainnya:
China-Indonesia Sepakati Solusi Dua Negara untuk Palestina

Jaringan pipa gas alam ini menghubungkan Rusia dan Jerman melewati Laut Baltik. Ledakan ini terjadi di zona ekonomi Swedia dan Denmark. Dua negara ini menyatakan ledakan itu disengaja tetapi belum menyimpulkan siapa pelakunya. 

Februari lalu, Kremlin menyatakan dunia mesti tahu siapa sebenarnya yang menyabotase Nord Stream dan pelakunya harus dihukum. Ini disampaikan setelah jurnalis investigasi AS menyatakan penyelam AS meledakan Nord Stream atas sepengetahuan Gedung Putih. 

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi