Jumat, 17/05/2024 - 22:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Jepang Berencana Buang Limbah PLTN Fukushima, Warga Korsel Borong Garam Laut

Garam laut. Permintaan garam laut di Korea Selatan (Korsel) melonjak setelah Jepang mengumumkan akan membuang limbah PLTN Fukushima ke laut.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 SEOUL — Permintaan garam laut di Korea Selatan (Korsel) melonjak setelah Jepang mengumumkan akan membuang limbah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima ke laut musim panas ini. Para konsumen Korsel juga membeli banyak boga bahari karena khawatir pasokan akan berkurang.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Pihak berwenang pernelayanan Korsel berjanji meningkatkan pengawasan pada pertanian garam laut untuk mengawasi adanya peningkatan zat radioaktif dan melarang boga bahari dari perairan dekat Fukushima. Namun langkah itu tidak menghentikan masyarakat membeli melebihi yang mereka butuhkan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Saya khawatir pembuangan limbah tidak hanya dapat mengkontaminasi (laut) dan menimbulkan masalah kesehatan tapi juga menaikan harga garam dan boga bahari,” kata konsumen di pasar tradisional di Seoul, Park Young-sil, Sabtu (10/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
TEPCO Lepaskan Air Radioaktif PLTN Fukushima pada Jumat

Ketika Seoul dan Tokyo mempererat hubungan untuk memulihkan hubungan yang retak beberapa tahun terakhir. Jepang berencana membuang lebih dari satu juta ton air terkontaminasi dari PLTN Fukushima sambil mempertahankan hubungan baik dengan negara tetangga.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Jajak pendapat Research View bulan lalu menemukan lebih dari 85 persen masyarakat Korsel menolak rencana Jepang. Tujuh dari 10 orang mengatakan mereka akan mengurangi konsumsi boga bahari bila limbah nuklir itu tetap dibuang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pemilik toko garam di Seoul, Hyun Yong-gil mengatakan penjualannya naik 40 persen sampai 50 persen akhir-akhir ini. Sementara harga terus naik.

ADVERTISEMENTS

“Akhir-akhir ini kami mendapat lebih banyak konsumen dari biasanya dan banyak dari mereka tampaknya khawatir mengenai rencana pembuangan air limbah,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Kementerian Kelautan dan Perikanan Korsel mengumumkan pada pekan pertama bulan Juni harga garam laut naik hampir 27 persen dibandingkan dua bulan yang lalu. Namun kementerian mengatakan kenaikan dipicu karena cuaca buruk dan turunnya produksi bukan pembelian panik masyarakat.

Berita Lainnya:
Dampak Perubahan Iklim dan Cuaca Ekstrem Menghantam Asia dengan Keras

“Dengan musim hujan yang panjang selama musim semi, kecemasan para produsen semakin tumbuh,” kata kementerian dalam pernyataannya Selasa (6/6/2023) lalu.

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi