Sabtu, 27/07/2024 - 12:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kasus Bahar Smith, IPW: Jika Dibuka Tuai Polemik, Kebenaran Pelapor Dipertanyakan

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Sudah sebulan sudah sejak kasus pelaporan penembakan terhadap Habib Bahar Smith, tapi belum jelas apakah benar korban ditembak atau tidak. Polisi masih melakukan investigasi dengan memeriksa keterangan saksi dan mempelajari hasil visum.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santos melihat bahwa proses penyelidikan sudah berjalan. Artinya telah ada pemeriksaan visum at repertum dan penggalian ketearngan 25 orang saksi. Namun yang menjadi pertanyaan, kata ia, apakah kasus ini akan naik ke sidik atau penyidikan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Kemudian yang jadi pembicaraan adalah mengapa kasus ini tidak dibuka,” katanya kepada Republika seperti dikutip HARIANACEH.co.id, Selasa (13/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Informasi IPW dapatkan, jelas Sugeng, kasus ini tidak dibuka secara gamblang karena sebenarnya agar tidak membuat pelapor ‘dipertanyakan’ laporannya ke publik.

Berita Lainnya:
Kejakgung: Hukuman untuk Terdakwa Korupsi Achsanul Qosasi tak Adil
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“IPW mendapatkan informasi seperti itu, karena kalau dibuka akan menimbulkan polemik, ramai  akan mempertanyakan kebenaran laporan tersebut arahnya,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Sebelumnya, polisi masih menunggu data investigasi atas laporan penembakan terhadap Habib Bahar bin Smith, yang dilaporkan terjadi pada Jumat (12/5/2023) di wilayah Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Jika hasil investigasi selesai, hasil visum yang dilakukan di Rumah Sakit PMI Bogor pun akan disampaikan kepada publik.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan hasil visum dari RS PMI sudah diambil. Hasil visum tersebut akan dirilis dan disampaikan bersama dengan data investigasi yang lain.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Kalau hasil visum sudah diambil, namun info publiknya akan disampaikan bersama dengan data scientific investigasi yang lain,” kata Ibrahim kepada Republika, Ahad (11/6/2023).

Berita Lainnya:
Ini Mekanisme dan Nama Cadangan Komisioner KPU Pengganti Hasyim Asyari
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Lebih lanjut, Ibrahim menjelaskan, data investigasi tersebut dilakukan melalui pemeriksaan laboratorium forensik. Namun ia belum menyebutkan secara rinci, data apa saja yang diperiksa dalam penyelidikan ini.

Tudingan pengalihan kasus

Sebelumnya Pimpinan Pondok Pesantren Roudlatul Fatihah Plered, Bantul, KH Muhammad Fuad Riyadi atau dikenal dengan panggilan Gus Fuad Plered menganggap bahwa kasus penembakan terhadap Bahar bin Smith adalah sekadar drama yang sengaja dibuat untuk mengalihkan isu tentang persoalan nasab para habib yang tengah menjadi polemik.

Pernyataan itu disampaikan Gus Fuad melalui kanal Youtube resminya, yakni Gus Fuad Channel, yang diunggah pada Senin  (15/5/2023).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَإِذِ اعْتَزَلْتُمُوهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ فَأْوُوا إِلَى الْكَهْفِ يَنشُرْ لَكُمْ رَبُّكُم مِّن رَّحْمَتِهِ وَيُهَيِّئْ لَكُم مِّنْ أَمْرِكُم مِّرْفَقًا الكهف [16] Listen
[The youths said to one another], "And when you have withdrawn from them and that which they worship other than Allah, retreat to the cave. Your Lord will spread out for you of His mercy and will prepare for you from your affair facility." Al-Kahf ( The Cave ) [16] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi