Sabtu, 04/05/2024 - 01:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

UNJ Pecahkan Rekor Kumpulkan 59 Ribu Pantun di Festival Pantun 2023

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memecahkan rekor Muri dengan mengumpulkan pantun terbanyak dengan jumlah 59 ribu pantun dalam Festival Pantun 2023. Pemecahan rekor tersebut diharapkan menjadi semangat dalam memberikan kontribusi pelestasian budaya Indonesia di kancah dunia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Pengumpulan 59.000 pantun ini menjadi semangat dalam memberikan kontribusi pelestarian budaya Indonesia,” ujar Rektor UNJ, Komarudin, dalam pembukaan kegiatan Festival Pantun 2023 di Kampus UNJ, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dia berharap kegiatan tersebut dapat membawa pantun ke pentas dunia. Menurut Komarudin, keberhasilan pengumpulan 59 ribu pantun itu tak terlepas dari keterlibatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), mahasiswa, pelajar, dan masyarakat dari seluruh wilayah di Indonesia dan bahkan berbagai negara. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Indonesia memilik wilayah dan budaya beragam maka ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pantun dan industry kreatif dan juga di sektor ekonominya,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Sapta Chandra: Buah Ramadan adalah Menjadi Hamba Allah yang Bertaqwa

Menurut dia, tujuan khusus Festival Pantun 2023 adalah membangun inovasi dengan berfokus pada bidang budaya atau pendidikan multikulutral, inovasi, dan transformasi. Terlebih, pantun adalah salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO melalui Sidang UNESCO sesi ke-15 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Paris, Prancis pada 17 Desember 2020.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara itu, Koordinator Program S3 Linguistik Terapan UNJ Endry Boeriswati menjelaskan, pihaknya merasa bertanggung jawab atas pelestarian pantun. Menurut Endry, pantun merupakan kemampuan berbahasa yang dapat mendidik kecerdasan seorang anak dalam hal kecepatan berpikir, yang dapat membantu mereka di kemudian hari.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Bagaimana kita bisa berpantun kalau kita tidak bisa berpikir cepat. Itu ada teorinya. Di otak seperti itu cepat membalas dengan kata-kata yang tepat akan terlihat begitu cerdasnya anak. Bagaiamana nanti anak akan bertindak di masyarakat itu akan cepat dan tegas dalam bertindak bisa dilatih salah satunya melalui pantun,” jelas dia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Beri Selamat Prabowo-Gibran, Rektor: UNJ Siap Beri Kontribusi Gagasan Progresif

Terkait pengumpulan 59 ribu pantun, Endry menjelaskan, prosesnya berjalan selama kurang lebih dua bulan sejak pengiriman undangan untuk mengumpulkan pantun ke pihak-pihak terkait. Hingga akhirnya sebanyak 5.965 peserta berhasil mengumpulkan 59 ribu pantun itu dan kemudian diterbitkan menjadi buku kumpulan pantun yang turut diperkenalkan pada kegiatan Festival Pantun 2023.

“Lebih banyak pada tema nasihat dan pendidikan. Ada juga bercanda tapi arahnya tetap nasihat dan pendidikan. Itulah kebanggaan masyarakat, tetap berbudaya dan berpendidikan serta nasihat-nasihatnya untuk hal-hal membudayakan Indonesia,” kata dia.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi