Sabtu, 18/05/2024 - 20:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Guru Difabel Harus Difasilitasi Pengembangan Karir yang Setara

Guru difabel (ilustrasi).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan diminta memberi akses pengembangan karir yang setara dan inklusif bagi guru difabel.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Guru difabel perlu mendapatkan kesempatan yang sama dengan guru lain dalam hal pelatihan dan sertifikasi untuk pengembangan karir dan profesionalitas, demi tercapainya pendidikan yang inklusif,” kata dosen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan (PLB FIP) Universitas Negeri Padang Antoni Tsaputra.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Antoni menyatakan, angka kelulusan anak difabel di tingkat Sekolah Dasar (SD) saja masih sangat rendah, yakni 56 persen. Untuk itu peran guru menjadi penting dalam membimbing, mengajar, dan memberdayakan peserta didik difabel.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Dosen UNM Jadi Juri LKS Jenjang SMK Bidang IT Software Solution For Business

Menurut dia, perlu ada insentif, tunjangan khusus, juga akses dan fasilitas yang memadai kepada guru difabel dalam rangka meningkatkan kompetensi. “Hidup dengan difabel itu mahal. Misalnya insentif yang diberikan pada guru non-difabel sama dengan yang diberikan kepada guru yang normal, belum tentu cukup. Karena di Indonesia ini belum ada sarana transportasi yang aksesibel, belum lagi yang membutuhkan pendamping,” kata Antoni menjelaskan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dalam hal peningkatan kapasitas dan pengembangan profesionalitas guru, dosen yang berhasil menyelesaikan pendidikan doktoral di University of New South Wales Australia ini, mengatakan, terlepas dari pemajuan kerangka hukum yang menjamin hak-hak difabel terkait akses pendidikan yang setara, implementasi di lapangan masih belum sesuai dengan diharapkan. Langkah-langkah penting yang mesti dilakukan adalah advokasi kebijakan yang mendukung tenaga pendidik difabel, fasilitas dan aksesibilitas yang sesuai, dan yang paling penting adalah dukungan finansial dan teknis.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Hari Pendidikan, Khofifah Ajak Maksimalkan Merdeka Belajar

Dia menyampaikan, segala sesuatu yang berhubungan dengan penyandang difabel, harus ada keterlibatan difabel pula di dalamnya, termasuk dalam program pelatihan dan pengembangan profesionalisme guru yang inklusif. Selain itu, perlu ada regulasi yang mendukung dalam pengembangan profesi dan karir guru dengan difabel, dukungan teknologi yang memadai, serta program sertifikasi yang perlu mengadopsi metode pendidikan yang inklusif.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi