Sabtu, 27/07/2024 - 11:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Cerita Sukses UMKM di Depok, Ngalap Berkah dengan Menyejahterakan Karyawan

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

DEPOK — Pelaku UMKM asal Kota Depok, Jawa Barat, Ravika Adlina mengaku tidak pernah terpikir sebelumnya untuk membangun bisnis sendiri, terutama di bidang konveksi sebelum berhenti kerja pada 2019. Namun, setelah keluar dari perusahaan, ia akhirnya memutuskan untuk mencoba peruntungannya dengan membangun bisnis konveksi bernama ‘Kitajahitin’.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Ravika menyebut, pada awal perjalanannya membangun bisnis, berlangsung sangat tidak mudah. Mulai dari perdebatan dengan keluarga besar hingga berpisah jalan dengan temannya yang awalnya sama-sama merintis bisnis konveksi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Saya buat konveksi bersama-sama teman kampus. Nah, ketika enam bulan berjalan kita nggak sesuai, nggak sejalan, akhirnya kita pecah kongsi. Saya bareng suami dibantu suami untuk menjalankan ini, walaupun suami. Awal mula kita berawal dari dua mesin jahit, satu mesin obras dan satu mesin potong,” jelas Ravika saat webinar jaringan wirausaha Depok, Kamis (15/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Bermodal dari beberapa alat konveksi, ia kemudian mencoba mendalami bisnis ini. Ravika juga mulai belajar bagaimana beriklan di sosial media yang sangat efektif mendongkrak penjualan.

Berita Lainnya:
KPK Cegah Lima Orang Bepergian ke Luar Negeri Terkait Kasus Harun Masiku
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Cukup lama Ravika mempelajari seluk-beluk bisnis dan cara berjualan melalui daring. Ternyata, upayanya itu mulai mendapat hasil dengan banyaknya pelanggan yang berasal dari berbagai daerah. Konveksi yang dijalankannya bahkan telah menjual produk hingga ke New York, Amerika Serikat (AS).

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Setelah saya pelajari, ada Google Ads, ada Instagram Ads itu. Alhamdulilah costumer saya saat ini bukan dari lingkungan sekitar saya, tapi dari luar yang kita nggak tahu tadinya posisinya dia dari mana. Saat ini ada pelanggan tetap kita dari Bukittinggi, ada dari Jambi,” kata Ravika.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Berwirausaha

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Usaha yang awalnya hanya untuk mengisi kekosongan yang dilakukan Ravika saat ini, telah berkembang cukup pesat. Kini, ia memiliki 22 karyawan dan peralatan konveksi yang memadai untuk menjalankan bisnisnya.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Namun, setelah perkembangan bisnisnya ini, muncul kesadaran bahwa ada keberkahan yang bisa didapat dari aktivitasnya tersebut. Terutama, meraih berkah dengan melakukan beberapa upaya yang bertujuan untuk menyejahterakan karyawannya. Karena dengan begitu, ia meyakini akan semakin banyak anugerah yang diberikan Allah SWT.

Berita Lainnya:
Bareskrim Panggil Benny Rhamdani Soal Inisial T Pengendali Judi Online

Selama ini, UMKM konveksi yang dirintisnya itu menyediakan kebutuhan makan dan tempat tinggal bagi karyawannya. Tindakan tersebut dilakukan karena pesan yang diberikan orang tuanya untuk selalu berupaya menyejahterakan orang-orang yang terlibat dalam perjalanan bisnisnya.

“Walaupun sih kalau kita ngitung matematikanya sebenarnya nggak akan nyampe. Tapi berkahnya itu, dari berkah itu, ketika kita mau sesuatu Allah kasih, ketika punya keinginan dikasih sama Allah, ketika kita punya keinginan Allah kasih kemudahan. Mungkin ini cari berkahnya di sini,” ujar Ravika.

Beberapa fasilitas diberikan Ravika kepada karyawannya, karena merasakan pengalaman orang tuanya dulu. Ayahnya pernah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan kerja sebagai buruh harian lepas yang banyak pendapatannya terpotong oleh biaya makan dan tempat tinggal. Sehingga, uang yang dibawa ke keluarga tidak banyak.

“Jadi ya kita bantu seperti itu, mudah-mudahan makin banyak yang bisa doain kita. Ini (biaya makan dan tempat) kita masukin biaya operasional perusahaan,” kata Ravika.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ لَهُ مُوسَىٰ هَلْ أَتَّبِعُكَ عَلَىٰ أَن تُعَلِّمَنِ مِمَّا عُلِّمْتَ رُشْدًا الكهف [66] Listen
Moses said to him, "May I follow you on [the condition] that you teach me from what you have been taught of sound judgement?" Al-Kahf ( The Cave ) [66] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi