Rabu, 08/05/2024 - 07:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Cerita Mahasiswa UMM Juara Taekwondo Internasional, Singkirkan Pesaing dari 10 Negara

ADVERTISEMENTS

MALANG — Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Derlin Julianto, sukses menyabet medali emas dalam kejuaraan internasional. Hal ini tepatnya di kejuaraan Asia Invitational Taekwon-Do Championship yang dihelat di SRJK Shang Wu, Penang, Malaysia, pada 3 sampai 4 Juni 2023 lalu.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Setidaknya terdapat lebih 850 peserta yang berasal dari 10 negara yang mengikuti kejuaraan tersebut. Negara-negara tersebut antara lain Malaysia, Indonesia, Singapura, Hong Kong, Bangladesh, India, Taiwan, Sri Lanka, Thailand, dan Brunei.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dhein, sapaan akrabnya menceritakan dengan tekad yang kuat ia mampu mengalahkan lawan-lawannya. Apalagi dengan bekal latihan selama kurang lebih lima tahun menjadi modal utama untuk mengikuti kejuaraan internasional tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia sebenarnya ingin melatih dan menguji mental serta ingin mengetahui sensasi mengikuti kejuaraan internasional. “Jadi persiapannya bukan hanya satu dua bulan saja, tapi hingga bertahun-tahun agar bisa lebih matang. Kebetulan saya sudah menekuni beladiri taekwondo ini sejak 2018 lalu,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Jadi yang Terbanyak se-Indonesia, UMM Loloskan 19 Proposal di P2MW

Mahasiswa Diploma-III Teknik Elektro Vokasi UMM tersebut menyampaikan dia mendapat undangan langsung dari International Taekwon-Do Federation (ITF) Malaysia melalui ITF Indonesia untuk mengikuti kejuaraan tersebut. Ia juga mengapresiasi Kampus Putih UMM yang sangat mendukungnya untuk berlaga di perhelatan dunia itu. Dalam hal ini, baik itu dari segi finansial maupun fasilitas.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Mahasiswa asal Sulawesi Tenggara itu juga sempat membagikan pengalamannya selama berkarir menjadi atlet taekwondo. Semua berawal pada 2018 ketika Dhein menggeluti dunia taekwondo. Ia mengaku tidak memiliki dasar apapun di dunia bela diri sehingga ia benar-benar belajar dari nol.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Namun, berkat keuletan dan konsistensi selama berlatih, dia mendapatkan buah dari hasil latihan tersebut. Hal ini berupa memenangkan berbagai kejuaraan beladiri.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
FKIP UMM Jalin Kerja Sama dengan Yala Rajabaht University Thailand

Menariknya, Dhein tidak hanya mengikuti kompetisi taekwondo saja. Ia juga sering kali terjun dalam berbagai kejuaraan beladiri seperti kickboxing, baik itu di tingkat kota hingga nasional.

Kendati sedikit berbeda, sensasi kompetisinya membuatnya bersemangat. Pada kesempatan tersebut, dia juga berpesan kepada seluruh atlet bela diri khususnya di UMM untuk berani mengikuti pertandingan persahabatan.

Hal itu karena akan melatih serta meningkatkan kemampuan serta mental dalam bertanding di gelanggang. Semakin sering bertanding dan sparing dengan yang lain, kata dia, akan semakin bagus pula untuk mental.

“Percuma teknik bagus tapi mental masih lembek. Percuma juga percaya diri tapi tekniknya kurang memadai. Keduanya harus diasah dengan seimbang,” jelasnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi