Sabtu, 04/05/2024 - 00:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Gus Gus Nusantara Pererat Ukhwah Islamiyah Warga Probolinggo Lewat Pentas Seni Musik Islam

ADVERTISEMENTS

 PROBOLINGGO — Pentas musik islami menjadi cara Gus Gus Nusantara (GGN) memperkuat ikatan persaudaraan di antara umat Islam di Desa Bucor Wetan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Koordinator Daerah GGN Probolinggo, M Syarif Hidayatullah mengatakan, acara islami ini diadakan sebagai wujud ciri khas daerah Bucor Wetan yang masih kental dengan nuansa hiburan keislaman. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Melihat dari background dan tradisi yang ada di sini masyarakat Probolinggo dan khususnya Bucor Wetan, tradisinya itu memang senang musik islami,” ujar Syarif, seperti dilansir pada Ahad (18/6/2023). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Dan ketika ada kegiatan apapun, baik itu nikahan dan lainnya masyarakat sini itu undangnya seni-seni islami. Orkes itu kurang menarik untuk masyarakat sini, ketika ngundang orkes malah acaranya sepi,” lanjut dia. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Syarif menjelaskan, musik islami menjadi hiburan favorit warga. Tak hanya untuk mengisi kegiatan keagamaan, tetapi juga untuk memeriahkan berbagai helat seperti pesta pernikahan dan lainnya. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Kembali Terjerat Kasus Narkoba, Polisi: Rio Reifan Mengaku Khilaf

Ia berharap, pentas seni musik islami dari para simpatisan Ganjar ini bisa menjadi wadah untuk menyatukan masyarakat setempat. Dengan demikian, ukhwah islamiyah antarwarga dapat terjalin dan makin erat. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Harapannya dengan adanya acara ini masyarakat yang pertama dapat terhibur, yang kedua memberikan doa untuk Bapak Ganjar dalam kontestasi politik di 2024,” ungkap Syarif. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebagaimana diketahui, di sela-sela acara juga diselenggarakan doa bersama untuk kemakmuran negeri. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Menurut dia, warga sangat antusias mengikuti pentas seni tersebut. Bahkan warga kecamatan lainnya pun turut berdatangan untuk hadir meramaikan. 

“Antusiasme warga sangat tinggi, dari kecamatan dari desa sebelah itu juga ikut datang. Untuk mempererat keislaman itu poin penting yang harus kami laksanakan malam ini,” kata dia. 

Berita Lainnya:
PDIP Siapkan Lawan bagi Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024

Salah seorang peserta bernama Abdul Kahar (26 tahun) menilai bahwa masyarakat antusias mengikuti helat tersebut. Ia juga sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan sukarelawan, yaitu berupa alat musik hadrah.

“Kami sebagai masyarakat khususnya Kabupaten Probolinggo sangat antusias dengan adanya kegiatan ini,” ucap Abdul. 

Tak hanya lewat musik. Kelompok serupa juga kerap memberikan sejumlah pelatihan kepada masyarakat dan santri, khususnya mengenai kemandirian ekonomi. 

GGn menggelar pelatihan kewirausahaan berupa kerajinan tangan dari kayu untuk santri di Pondok Pesantren Putri Al Amin Hudatul Muna, Desa Brotonegaran, Kabupaten Ponorogo.

Koordinator Wilayah GGN Jatim Gus Alwy Hasan mengatakan santri sekarang dituntut mengikuti perkembangan zaman sehingga tak pandai dalam ilmu agama saja.

“Tapi juga menempa diri dengan beragam keterampilan supaya tercipta kemandirian ekonomi,” ujar dia, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : An

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi