Jumat, 17/05/2024 - 14:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Mahasiswa Sistem Informasi UNM Disiapkan Jago Ngoding

 JAKARTA — Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar webinar Front End Web Development for Beginner secara daring pada Rabu (14/6/2023), yang berlangsung secara daring melalui zoom. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Webinar menghadirkan narasumber Muhammad Khairul Basyari sebagai Software Engineer PT BCI CENTRAL INDONESIA dengan dipandu moderator Rani Irma Handayani selaku dosen UNM. Basyari menjelaskan dalam materinya tentang front end developer, perbedaan front end developer dan back end developer, alur kerja serta keuntungan sebagai front end developer.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Front end developer merupakan profesi yang mendesain dan membuat code user interface pada sebuah aplikasi berbasis web atau mobile,” ungkap Basyari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
The Comprehensive Guide to Teeth Whitening Gels for Oral Care Brands

Ia juga menjelaskan tugas front end developer yakni membuat layout, menata pages dalam website dan menambahkan hal-hal yang interaktif dengan HTML, CSS, Javascript dan front end teknologi lainnya untuk menciptakan desain yang responsif dan menarik.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Selain bekerja dengan UI/UX designer, front end developer juga biasanya bekerja dengan back end developer. Jika front end developer berfokus pada komposisi di dalam aplikasi web atau mobile, back end developer bertanggung jawab untuk memastikan agar website atau aplikasi berjalan semaksimal mungkin,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Menurut Khairul, alur kerja front end developer yakni menerima mockup atau prototype dari ui/ux designer tools yang biasa digunakan adalah figma/adobe XD, slicing ke HTML dan CSS, diskusi dengan back end developer terkait flow proses, testing dan bugfixing.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Menteri PUPR: Istana Negara di IKN Masuki Fase Pengerjaan Interior

Selain itu, ia menjelaskan, prospek kerja sebagai front end developer sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. “Gajinya juga besar,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sementara itu, Sukmawati Anggraeni Putri, selaku Kaprodi Sistem Informasi UNM menyebut, kegiatan ini akan membuka kesempatan baik bagi mahasiswa Prodi Sistem Informasi UNM.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyiapkan mahasiswanya mempunyai soft skill lain, selain apa yang diajarkan dalam mata kuliah di kampus, salah satunya terkait teknologi,” jelasnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi