Kamis, 30/05/2024 - 16:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pendapatan Penjual Tokopedia Naik Jadi Rp 10,7 Juta karena Integrasi GoTo

Aplikasi Tokopedia. Tokopedia sebagai salah satu unit bisnis e-commerce GoTo telah berhasil meningkatkan margin kontribusi positif 223 basis poin (bps) pada kuartal I-2023, atau sebesar 0,3 persen dari nilai transaksi bruto (GTV).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

JAKARTA — Integrasi GoTo disebut berdampak positif terhadap kesejahteraan mitra usaha terutama Gojek dan GoTo Finansial. Berdasarkan hasil riset LPEM FEB UI, pendapatan mitra usaha meningkat hingga lima persen setelah integrasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Di tengah kembalinya masyarakat ke transaksi offline, GoTo masih mampun mendorong pendapatan mitra usaha,” jelas Peneliti LPEM FEB UI Prani Sastiono dihadapan media, Selasa (20/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Mitra yang bergabung sebelum integrasi atau mitra lama mengalami kenaikan pendapatan dari Rp 4,91 juta di 2021 menjadi Rp 5,12 juta di 2022 per bulan. Selain itu, ada penciptaan pendapatan bagi mitra baru dengan rata-rata sebesar Rp 4,70 juta pada 2022.

Berita Lainnya:
Seberapa Besar Dampak Kematian Raisi pada Harga Minyak dan Pasar Saham?

Pendapatan penjual tokopedia secara keseluruhan juga tetap konsisten. Penjual tokopedia lama mengalami peningkatan pendapatan dari Rp 10,4 juta menjadi Rp 10,7 juta di 2022. Lalu terdapat pendapatan sebesar Rp 7,86 juta dari penjual baru tokopedia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Kenapa yang baru masih rendah? Karena mereka harus membangun kepercayaan dari pelanggan,” kata Prani.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Peningkatan pendapatan juga dialami oleh mitra GoSend Sameday. Sebelum merger di 2021, mitra pengemudi GoSend Sameday memiliki pendapatan per bulan sebesar Rp 5 juta. Kemudian pada 2022 pendapatan meningkat jadi Rp 5,1 juta. Sedangkan potensi pendapatan dari mitra pengemudi baru sebesar Rp 4,9 juta.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Kemenperin Akan Panggil Manajemen Pabrik Sepatu Bata

Dampak dari penggabungan perusahaan diperoleh dari hasil survei pendapatan mitra driver dan mitra UMKM yang dilakukan pada akhir Desember 2022 hingga Januari 2023 dengan distribusi sampel yang mencerminkan populasi mitra GoTo.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Survei dilakukan pada mitra driver GoTo dengan total sampel sebanyak 3.814 orang dari delapan wilayah kerja di Indonesia yang mencakup beberapa kota besar. Sementara, survei pada mitra UMKM Gojek dilakukan dengan total sampel sebanyak 3.615 orang.

ADVERTISEMENTS

Survei pada mitra UMKM Tokopedia dilakukan pada bulan Januari 2023 dengan total sampel sebanyak 1.496 orang yang berasal dari seluruh Indonesia, namun distribusi sampel masih terfokus di Pulau Jawa.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi