Rabu, 01/05/2024 - 21:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Laporan Terbaru Intelijen: Asal Usul Covid-19 Bukan Dari Kebocoran Laboratorium di Wuhan

ADVERTISEMENTS

WASHINGTON — Komunitas intelijen Amerika Serikat (AS) tidak menemukan bukti langsung bahwa pandemi Covid-19 berasal dari insiden kebocoran di Institut Virologi Wuhan, Cina. Laporan empat halaman oleh Kantor Direktur Intelijen Nasional (ODNI) mengatakan, komunitas intelijen AS masih tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa virus itu berasal dari laboratorium, dan belum dapat menemukan asal-usulnya.  

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Badan Intelijen Pusat dan badan lain tetap tidak dapat menentukan asal pasti pandemi Covid-19, karena hipotesis (alami dan laboratorium) bergantung pada asumsi yang signifikan atau menghadapi tantangan dengan pelaporan yang bertentangan,” kata laporan ODNI.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Laporan itu mengatakan, langkah ekstensif telah dilakukan pada virus korona di Institut Wuhan (WIV). ODNI belum menemukan bukti insiden spesifik yang dapat menyebabkan wabah tersebut.  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Deretan Agenda Xi Jinping dalam Kunjungan ke Eropa
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kami tidak memiliki indikasi bahwa kepemilikan penelitian pra-pandemi WIV termasuk SARSCoV-2 atau nenek moyang yang dekat, atau bukti langsung bahwa insiden terkait penelitian tertentu  melibatkan personel WIV sebelum pandemi yang dapat menyebabkan pandemi Covid-19,” kata laporan itu.

ADVERTISEMENTS

Asal muasal pandemi virus korona telah menjadi bahan perdebatan sengit di Amerika Serikat, sejak kasus itu pertama kali dilaporkan di Wuhan pada akhir 2019.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Presiden AS Joe Biden pada Maret menandatangani undang-undang yang mendeklasifikasi informasi terkait asal-usul pandemi. Biden mengatakan, dia berbagi tujuan dengan Kongres untuk merilis informasi sebanyak mungkin tentang asal mula Covid-19.

Berita Lainnya:
Polandia Kejar Permintaan Maaf dan Ganti Rugi untuk Keluarga Petugas WCK

Direktur FBI, Christopher Wray mengatakan, agensinya telah menilai selama beberapa waktu terkait asal mula pandemi. Wray mengatakan, asal mula pandemi kemungkinan besar berpotensi berasal dari insiden laboratorium di Kota Wuhan, Cina. Sementara Cina mengatakan, klaim tersebut tidak memiliki kredibilitas apa pun.

Hingga 20 Maret, empat lembaga AS lainnya masih menilai bahwa Covid-19 kemungkinan besar merupakan hasil dari penularan alami. Sementara dua lembaga AS lainnya belum diputuskan.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi