Kamis, 09/05/2024 - 00:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Ancam Nilai Keluarga, Turki Tangkap LGBT Peserta Pride March

ADVERTISEMENTS

Simbol LGBT (ilustrasi).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

ISTANBUL – Polisi Turki menangkap hampir seratus LGBT peserta pawai Pride March. Penangkapan dilakukan di Istanbul dan Izmir, para LGBT dianggap mengancam nilai keluarga dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan penentangan terhadap mereka. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Bulan ini, melalui akun Twitter-nya, Gubernur Istanbul Davut Gul menegaskan, ‘’Aktivitas apapun yang mengancam struktur keluarga tradisional tak akan diizinkan.’’ Hal ini mengacu pada gerakan LGBT yang melegalkan pernikahan sejenis. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Aksi tahunan Pride Month yang digelar setiap tahun di seluruh dunia, dilakukan pula komunitas LGBT di Turki. Mereka melakukan pawai Pride, Ahad (25/6/2023). Polisi dalam pakaian antihuru-hara, mengadang akses mereka ke Istiklal Avenue.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Erdogan: Netanyahu Biang Kerok Utama Ketegangan di Timur Tengah 

Lokasi tersebut biasanya digunakan untuk aksi pawai Pride. Pengadangan juga dilakukan ke akses menuju Taksim Square. Jalan-jalan di sekitarnya diblokade dan transportasi publik di area tersebut sementara ditangguhkan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebagai gantinya, Ahad sore, ratusan orang membawa bendera pelangi dan transgender berkumpul di Mistik Park, yang berlokasi di Distrik Sisli. Mereka meneriakan slogan-slogan LGBT dan menyampaikan pernyataan menandai perayaan Pride Month. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sebuah bendera pelangi besar digantungkan di lokasi parkir sekitar aksi. Sejumlah kelompok LGBT membawa bendera-bendera pelangi berpawai di jalanan sebelum akhirnya koordinator aksi meminta membubarkan diri. 

Koordinator aksi mengatakan, polisi menangkap lebih dari 50 orang setelah pawai tersebut. Amnesty International kantor Turki menyatakan, setidaknya satu orang mengalami luka di kepala saat ditangkap polisi. 

Berita Lainnya:
Yordania dan AS Bahas Eskalasi di Kawasan

Mereka merasa menjadi target pemerintahan Erdogan.’’Kami tak menerima kebijakan berisi kebencian dan penolakan ini,’’ demikian pernyataan Istanbul LGBTI+ Pride Week. Penangkapan juga terjadi di kota lain. Yakni di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki.

Di kota pantai ini, polisi menangkap 44 orang pada Ahad. Ini dilakukan setelah mereka melarang adanya pawai Pride Month. Homoseksualitas bukan merupakan kejahatan di Turki tetapi respons keras terhadap mereka  meningkat karena dianggap mengancam nilai keluarga. 

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi