Rabu, 01/05/2024 - 04:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei: Masyarakat Memilih Berdasarkan Figur atau Sosok, Bukan Dukungan Jokowi

ADVERTISEMENTS

oleh Wahyu Suryana, Fauziah Mursid

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Survei Algoritma menemukan, bahwa sebagian besar masyarakat sebenarnya memilih atas dasar figur atau sosok, bukan preferensi dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sehingga, dukungan Jokowi terhadap bakal capres tertentu, sepertinya tidak akan memengaruhi pemilih di Pilpres 2024.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kalau Pak Jokowi menyebutkan dukungan politik atau pilihan kepada capres, yang mengikuti cuma 19 persen, tapi yang paling penting dilihat tokohnya, figurnya, sosoknya, bukan didukung Pak Jokowi,” kata Direktur Eksekutif Algoritma, Aditya Perdana, Senin (26/6/2023).

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Berdasarkan survei Algoritma, sebanyak 41 persen responden menyatakan memilih berdasarkan tokoh bukan dukungan Jokowi. Terdapat pula 17,7 persen responden yang sama sekali tidak akan mengikuti siapapun tokoh-tokoh yang didukung oleh Jokowi sebagai capres di 2024 nanti.

Berita Lainnya:
Peluang Bertemu Prabowo, Anies: Kami Teman dalam Demokrasi

Algoritma turut menangkap keyakinan publik terhadap figur-figur yang didukung Presiden Jokowi. Sebanyak 39,9 persen merekognisi Ganjar Pranowo, 20 persen Prabowo Subianto dan 9,2 persen Anies Baswedan.

“Ganjar Pranowo memperoleh rekognisi dominan di mata pemilih, diyakini sebagai sosok yang didukung Presiden Jokowi dibandingkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan,” ujar Aditya.

Meski begitu, soal popularitas, hanya ada empat sosok yang punya popularitas relatif tinggi di atas 75 persen. Pertama ada Prabowo 95 persen, Anies 83 persen, Ganjar 83 persen dan Sandi Uno 79 persen.

Berita Lainnya:
Stafsus: Pertemuan Jokowi-Megawati Masih Dicari Waktu yang Tepat

Kondisi yang relatif sama jika dilihat dari tingkat kedisukaan pemilih terhadap tokoh-tokoh tersebut. Ada Prabowo Subianto 70 persen, Anies Baswedan 60 persen, Ganjar Pranowo 63 persen dan Sandiaga Uno 63 persen.

Namun, untuk elektabilitas terjadi sedikit perbedaan angka. Menurut Aditya, Ganjar memuncaki elektabilitas dengan 29,9 persen, Prabowo Subianto dengan 24,6 persen dan Anies Baswedan dengan 16,9 persen.

“Jadi, relatif gapnya ini tipis sebenarnya Pak Ganjar sama Pak Prabowo, dan Pak Anies sudah relatif jauh. Ini tidak tahunya dan tidak jawabnya sekitar 15 persen. Jadi, ini kondisi hari ini dengan metode tatap muka,” kata Aditya. 

 

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi