Jumat, 14/06/2024 - 19:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Peringatan Dini BMKG: 4 Kabupaten DIY Berstatus Siaga

 YOGYAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi DIY kembali mengeluarkan peringatan dini bencana kekeringan meteorologis pada Jumat (30/6/2023) ini. Ada empat kabupaten di DIY yang saat ini berstatus siaga kekeringan meteorologis.  

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kepala Stasiun Klimatologi DIY, Reni Kraningtyas mengatakan, peringatan dini dikeluarkan karena berkurangnya curah hujan dari keadaan normalnya. Keadaan ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang dengan kurun waktu bulanan, dua bulanan dan seterusnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Berdasarkan hasil pemantauan curah hujan hingga tanggal 30 Juni 2023 ini, katanya, telah terjadi potensi kekeringan meteorologis dengan status siaga di empat kabupaten di DIY. Mulai dari Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunungkidul.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

“Status siaga atau telah mengalami HTH>31 hari dan prakiraan curah hujan rendah<20 milimeter dasarian dengan peluang terjadi diatas 70 persen," kata Reni, Jumat (30/6/2023).

Berita Lainnya:
Investigasi the Guardian dkk Ungkap Rangkaian Upaya Mossad Intimidasi dan Ancam Jaksa ICC

Meski begitu, tidak seluruh kecamatan di empat kabupaten ini yang berstatus siaga kekeringan meteorologis. Total kecamatan yang berstatus siaga kekeringan meteorologis di empat kabupaten tersebut yakni 20 kecamatan.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Reni merinci, di Kabupaten Sleman yang berstatus siaga yakni di Kecamatan Berbah, Depok, Kalasan, Ngemplak, Prambanan, dan kecamatan Sleman. Sedangkan, di Kulon Progo yakni di Kecamatan Sentolo.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Di Bantul yang berstatus siaga cukup banyak yakni delapan kecamatan. Mulai dari Kecamatan Banguntapan, Kecamatan Bantul, Kecamatan Dlingo, Kecamatan Imogiri, Kecamatan Kasihan, Kecamatan Piyungan, Kecamatan Pundong, dan Kecamatan Sewon.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Heboh Video Cabul Oknum Caleg Terpilih PDIP Bareng Wanita Viral di Medsos, KPUD Turun Tangan
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Di Gunungkidul yakni di Kecamatan Karangmojo, Kecamatan Ngawen, Kecamatan Nglipar, Kecamatan Playen, dan Kecamatan Ponjong,” ucap Reni.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Mengingat ada 20 kecamatan yang berstatus siaga bencana kekeringan meteorologis, Reni pun mengimbau masyarakat maupun pemerintah daerah setempat untuk mengantisipasi dampak kekeringan meteorologis ini. Terutama masyarakat dan pemerintah yang berada dalam wilayah peringatan dini.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS

Antisipasi yang harus dilakukan yakni pada sektor pertanian dengan melakukan sistem tadah hujan. Selain itu, masyarakat dan pemerintah daerah setempat juga diimbau agar menggunakan air bersih dengan bijak untuk mengantisipasi kelangkaan air bersih.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

“Antisipasi juga peningkatan potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” jelas Reni.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ البقرة [153] Listen
O you who have believed, seek help through patience and prayer. Indeed, Allah is with the patient. Al-Baqarah ( The Cow ) [153] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi