Selasa, 07/05/2024 - 03:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Distankan: Produksi Gula Aren Rejang Lebong Capai 5.443,8 Ton

ADVERTISEMENTS

REJANG LEBONG — Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan produksi gula aren daerah itu saat ini mencapai 5.443,8 ton per tahun.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong Zulkarnain, Ahad (2/7/2023), mengatakan, gula aren merupakan komoditas unggulan Kabupaten Rejang Lebong setelah kopi dan tanaman aneka sayuran. “Produksi gula aren Kabupaten Rejang Lebong sepanjang 2022 lalu mencapai 5.443,8 ton atau rata-rata produksi dalam setiap hektare sebanyak 2,2 ton per tahun,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dia menjelaskan, produksi gula aren daerah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 1,8 ton dari total produksi 2021 lalu 5.442 ton.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Gula aren yang dihasilkan Kabupaten Rejang Lebong ini, kata dia, berasal dari perkebunan rakyat yang ada di 14 dari 15 kecamatan di Rejang Lebong dengan luas mencapai 2.301 hektare. Menurut dia, usaha perkebunan aren dan pengolahannya itu selama ini telah menyerap lapangan pekerjaan hingga 4.857 orang petani atau perajin gula aren.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Peta Politik Baru Setelah Penetapan Presiden Terpilih, Elite Parpol Diminta Tetap Jaga Iklim Demokrasi

Kalangan perajin aren ini mendapatkan penghasilan dari pengolahan gula aren mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu per hari tergantung banyak dan tidaknya gula aren yang dihasilkan setiap harinya, dengan asumsi harga jual gula aren batok (cetak) ditingkat petani/perajin Rp 15 ribu per kg.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dia menambahkan saat ini daerah itu sudah memiliki varietas aren lokal unggul yang dinamakan Semulen ST-1 dan sudah dilepas Kementerian Pertanian pada 2018 lalu, di mana bibitnya sudah dilakukan penangkaran oleh masyarakat setempat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Akhirnya, Anies Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran

Varietas aren Semulen ST-1 ini menurut dia, memiliki keunggulan karena produksinya pertengahan di antara aren genjah dan aren dalam, tahan hama, mudah tumbuh di berbagai kondisi daerah, sudah bisa menghasilkan saat berumur 6-7 tahun dengan jumlah produksi air niranya 15-30 liter per hari dan tingginya hanya 10 meter.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Varietas aren Semulen ST-1 asal Kabupaten Rejang Lebong ini sudah dipasarkan selain dalam wilayah Provinsi Bengkulu juga ke luar daerah mulai dari Aceh, Kalimantan, Jawa hingga Bali,” kata Zulkarnain.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi