Selasa, 07/05/2024 - 12:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

JK Ajak Umat Jadi Pengusaha Ikuti Jejak Nabi Muhammad SAW

ADVERTISEMENTS

MAKASSAR — Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, M Jusuf Kalla (JK) menyemangati para pengusaha muda agar lebih tekun dan bekerja keras dalam membangun bisnis. JK yang juga ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu menyinggung tentang urgensi seminar dalam kesuksesan menjadi pengusaha.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Tidak ada pengusaha yang tidak merasakan kegagalan. Tapi bagaimana kegagalan ini menjadi penyemangat untuk terus berbenah dan tumbuh menjadi pengusaha sukses,” ujarnya dihadapan ratusan peserta Mihrab Summit dan Expo 2023 di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (5/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dia menilai, tidak ada relevensi antara rajin mengadakan seminar dengan kesuksesan. Walau, itu adalah bagian dari mendapatkan ilmu. “Masalah kita bukan seminar dan konferensi, terima sertifkat dan lain-lain. Tapi masalah kita adalah kurang semangat dan kurang kerja keras. Seminar itu bisa untuk menambah relasi,” papar JK

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Menhan Prabowo dan Menlu China Bertemu Bahas Kerja Sama pertahanan
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Eks ketua umum DPP Partai Goklkar juga membandingkan kondisi pengusaha di Provinsi Sulsel tahun 1960 hingga 1970-an. Saat itu, banyak pengusaha yang tingkat pendidikannya hanya sampai SMA. Sebagian bahkan tidak lulus SD. Mereka juga tidak pernah ikut berbagai seminar seperti yang banyak ditemukan pada era sekarang.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Makanya saya juga kurang sreg dengan seminar, sebab makin banyak dibicarakan, makin banyak ongkosnya, makin tidak dilaksanakan. Dan perlu saya tegaskan, tidak ada negara maju dari seminar,” ujar JK.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Karena itu, JK kembali menegaskan, kunci menjadi pengusaha adalah kerja keras, semangat, pengetahuan dan mengetahui produknya. “Jika itu dipadukan maka saya yakin akan maju dan berkembang,” ucap JK.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Buat Publik Bingung, Polisi dan Istri Beda Versi soal Tewasnya Anggota Polresta Manado di Jaksel

Dia pun memberi nasihat, agama Islam memiliki kelebihan dibanding yang lainnya. Pasalnya, agama telah mengajarkan umatnya untuk mengikuti sunnah Rasulullah Muhammad SAW. Bagi JK, Nabi Muhammad berlatarbelakang seorang pedagang.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sehingga tidak ada alasan bagi umatnya untuk tidak mengikuti Rasulullah tersebut menjadi pengusaha Selain itu, lanjut JK, Islam juga memiliki pedoman yang dikenal rukun Islam. Dalam rukun itu pencapaian tertinggi adalah rukun Islam ke-empat dan ke-lima, yaitu membayar zakat dan melaksanakan haji.

Ironisnya, mayoritas umat Islam di Indonesia tidak mampu menyempurnakan lima rukun itu “Itu berarti umat Islam dituntut untuk kaya sebab Anda tidak akan bisa bayar zakat dan naik haji jika tidak kaya. Sekarang silahkan berniat untuk berusaha dan kaya dengan catatan untuk beribadah,”ucap JK.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi