Selasa, 28/05/2024 - 18:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Jepang Bangga Bisa Jadi Mitra ASEAN

JAKARTA – Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Kiya Masahiko mengatakan bahwa Jepang bangga bisa menjadi mitra ASEAN dan menyebutkan bahwa ASEAN telah menjadi pusat pertumbuhan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Kita (ASEAN dan Jepang) adalah mitra yang sepenuhnya setara, dan tujuannya adalah bersama-sama menciptakan masa depan,” kata Dubes Kiya Masahiko dalam acara ASEAN Council of Japan Alumni (ASCOJA), di Jakarta, Jumat (7/7/2023)

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Masahiko mengatakan bahwa ASEAN dan Jepang masih memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi, seperti tantangan ekonomi, sosial, lingkungan, dan bencana, menambahkan cara mengatasi tantangan tersebut adalah melalui inovasi.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Anda (ASEAN) memiliki pertumbuhan ekonomi, kami memiliki teknologi. Kita bisa saling melengkapi, dan kita bisa mencapai hal besar untuk kita sendiri dan untuk dunia,” kata Masahiko.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
China Minta Israel Berhenti Menyerang Rafah

Masahiko juga mengatakan, Jepang mendukung penuh tiga pilar ASEAN 2023, terutama ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP), menambahkan bahwa Jepang mempromosikan kolaborasi yang sama seperti pertukaran antarwarga dan mengatasi masalah global.

“Kami berharap dapat berkolaborasi dengan kepemimpinan Indonesia untuk mencapai tujuan utama ini,? kataMasahiko.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Tiga pilar ASEAN 2023 tersebut adalah ASEAN Matters, Epicentrum of Growth, dan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Masahiko juga menyebutkan bahwa Jepang mendukung penuh upaya ASEAN dalam menghadapi masalah di Myanmar dan mengatakan bahwa ASEAN memainkan peran kunci dalam isu tersebut.

ADVERTISEMENTS

Pada kesempatan yang sama, DubesJepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi memberi komentar tentang peringatan 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang.

ADVERTISEMENTS

Kanasugi mengatakan, kunjungan Kaisar Naruhito ke Indonesia sebagai kunjungan resmi pertama ke luar negeri, yang juga dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan diplomatik tersebut, menunjukkan betapa pentingnya Indonesia untuk Jepang.

Berita Lainnya:
Perdagangan RI-UEA Semakin Meningkat Dalam Tiga Tahun Terakhir

“Mereka (Kaisar dan Permaisuri) memilih Indonesia untuk kunjungan resmi pertama mereka ke luar negeri, itu indikasi jelas betapa pentingnya Indonesia untuk Jepang,” kata Kanasugi.

ASCOJA adalah asosiasi organisasi yang beranggotakan mantan mahasiswa ASEAN yang pernah belajar di Jepang, dan melakukan kegiatan bersama dengan Kedubes Jepang untuk menyebarluaskan budaya dan literasi Jepang di negara masing-masing.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi