Selasa, 21/05/2024 - 11:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Stok Darah Kurang, PMI Aceh Selatan Imbau Masyarakat Tak Takut Donor Darah

Aceh Selatan- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Selatan menyatakan keprihatinannya terhadap kebutuhan darah yang terus meningkat sementara persediaan (stok) darah nyaris tidak terpenuhi akibat minimnya pendonor.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Jujur saya katakan, bagi orang kaya dan punya jabatan mungkin agak mudah mencari pendonor darah, bahkan berobat ke luar negeri. Bagaimana nasibnya saudara-saudara kita yang terhimpit ekonomi, mereka butuh perhatian dan kepedulian,” kata Sekda, Selasa (11/07/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Untuk menangani permasalahan tersebut, ia mengatakan terus berusaha membangun komunikasi dan koordinasi intens dengan instansi terkait termasuk jajaran TNI-Polri untuk menggalang minat pendonor.

Berita Lainnya:
DPRK Desak Disdikbud Wajibkan Mata Pelajaran Bahasa Aceh

“Untuk itu kami imbau kepada saudara-saudara agar tidak takut mendonorkan darah demi kemanusiaan dan meringankan beban penderitaan sanak famili kita. Kepedulian dan sumbangsih kemanusian pahalanya terus mengalir dan tidak habis-habis hingga Yaumul Qiyamah,” ujarnya.

PMI Aceh Selatan bersama Politeknik melaunching peluncuran aplikasi donor darah. Setiap gampong akan dibentuk relawan kemanusiaan (donor darah). Cut Syazalisma berharap masyarakat mau bersama-sama membantu menyukseskan program kemanusian tersebut.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Sebagai pilot project, langkah awal kita laksanakan di kecamatan Tapaktuan. Kemudian menyusul kecamatan Samadua hingga menyebar ke 260 gampong di seluruh Aceh Selatan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Dirreskrimsus Polda Aceh Hadiri Acara AEF April 2024

Kurun waktu Januari-Juni 2023 kebutuhan darah mencapai 1.319 kantong. Artinya setiap bulan butuh darah 200 kantong.

“Harapan kita, hendaknya Aceh Selatan tidak lagi terjadi kesulitan darah. Setiap pimpinan di tingkat apapun, punya tanggungjawab untuk menyahuti aspirasi dan menuntaskan keluhan rakyat. Jika kita punya niat baik, kompak dan bersama-sama pasti bisa. Kemampuan kita melaksanakan donor 2-3 kali sebulan dengan hasil 10 sampai 20 kantong. Data ini sesuai perekaman medik di rumah sakit,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi