Sabtu, 18/05/2024 - 14:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Pita Limjaroenrat Gagal Raih Dukungan Parlemen Jadi Perdana Menteri Thailand

BANGKOK — Pita Limjaroenrat, pemimpin partai progresif Move Forward, gagal meraih dukungan mayoritas parlemen sebagai perdana menteri Thailand. Ia sebenarnya menjadi calon tunggal tetapi suara yang diperolehnya dalam pemungutan suara tak mencukupi. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Ada anggota parlemen yang memang tidak memilihnya, juga ada yang abstain dalam pemungutan suara, Kamis (13/7/2023). Delapan partai koalisi yang dipimpin Move Forward sebagai pemenang pemilu Mei lalu, memiliki 312 kursi di majelis rendah. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Namun, untuk mengantarkan ke kursi perdana menteri Pita membutuhkan 375 suara. Ia berharap dukungan dari 249 anggota konservatif di majelis tinggi, yang dipilih oleh militer setelah kudeta pada 2014. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Setelah pemungutan suara usai, Pita hanya mendulang 323 suara, termasuk 13 suara dari senator. Sebanyak 182 anggota parlemen tak memilihnya dan 198 lainnya abstain.’’Kami menerima hasil ini tetapi tak akan mundur,’’ kata Pita seperti diberitakan Bangkok Post

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Hamas Konfirmasi akan Berkunjung ke Kairo

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia mengaku hasil pemungutan suara tak sesuai harapannya dan akan bekerja keras memperoleh dukungan lebih besar. Ia juga menegaskan,’’Kami tidak akan mengubah kebijakan kami sebab kami akan memenuhi janji kepada pemilih.’’

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Banyak senator menentang agenda perubahan yang dibawa  Move Forward.Termasuk rencana kontroversial berupa amendemen hukum yang melarang penistaan terhadap kerajaan. Selain itu, mereka berupaya menyingkirkan militer dari politik dan menghapus monopoli. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Dukung Dermaga Terapung Gaza, PBB: Bukan untuk Gantikan Penyeberangan

Pemungutan suara lanjutan rencananya berlangsung pekan depan. Pita bisa kembali maju jika memang dinominasikan kembali. Ketua Parlemen Thailand, Wan Muhamad Noor Matha menyatakan, putaran kedua dan ketiga pemungutan suara pada 19 dan 20 Juli 2023. 

ADVERTISEMENTS

Belum jelas, apakah nama Pita akan kembali dicalonkan dalam pemungutan kedua dan ketiga tersebut. Kekalahan di parlemen merupakan pukulan baru bagi Pita. Sebelumnya, ia mesti menghadapi gugatan pengacara di Mahkamah Konstitusi (MK).

ADVERTISEMENTS

Selain itu rekomendasi komisi pemilu ke MK untuk mendiskualifikasinya sebagai anggota parlemen karena saat pemilu ia memilih saham di sebuah perusahaan penyiaran. Hal itu diperbolehkan dalam hukum di Thailand.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi