Kamis, 02/05/2024 - 22:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KAI Daop 8 Catat 2,56 juta Penumpang pada Semester Pertama

ADVERTISEMENTS

Penumpang bersiap menaiki Kereta Api Gumarang tujuan Surabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (8/7/2022).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

SURABAYA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat sebanyak 2.565.356 pengguna jasa kereta api jarak jauh (KAJJ) berangkat dari wilayahnya pada semester pertama 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Jumlah tersebut meningkat 869.294 pelanggan atau 51 persen dibanding periode sama 2022, yang terdata 1.696.526 pelanggan,” kata Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Jatim, Sabtu (15/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Luqman mengatakan, pengguna tertinggi terjadi pada periode April 2023 atau pada saat arus mudik angkutan Idul Fitri 1444 H, sebanyak 481.090 pelanggan menggunakan jasa angkutan kereta api. Tiga stasiun dengan penumpang tertinggi di wilayah Daop 8 Surabaya selama semester pertama 2023 adalah Stasiun Surabaya Gubeng yang melayani 699.608 pelanggan, meningkat 161.000 pelanggan atau 30 persen dari periode sama 2022.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Soal Bursa Ketum Golkar, Bahlil: Ukuran Baju Saya S, Kalau Pakai XL Nggak Bagus

Selanjutnya, Stasiun Surabaya Pasarturi, yang melayani 599.711 pelanggan, meningkat 97.000 pelanggan atau 19 persen danStasiun Malang, yang melayani 360.064 pelanggan, meningkat 95.000 pelanggan atau 36 persen dari periode sama 2022.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selain berangkat, kedatangan pelanggan mengalami peningkatan sebesar 47 persen dibanding tahun lalu. “Pada 2023 ini, sebanyak 2.457.539 pelanggan datang di Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, sedangkan 2022 ada sebanyak 1.696.526 pelanggan,” kata dia.

Berita Lainnya:
KAI Sediakan Kereta Tambahan Khusus Yogyakarta-Gambir PP untuk Arus Balik

Luqman menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan di antaranya melandainya pandemi Covid-19 yang diikuti pelonggaran persyaratan perjalanan dengan kereta api oleh pemerintah. “Ini menunjukkan bahwa transportasi umum kereta api memang menjadi favorit masyarakat dalam melakukan mobilitas,” ucapnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, berbagai inovasi yang dilakukan KAI untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan juga turut berpengaruh.

“Mulai dari hadirnya fasilitas face recognition boarding gate di tiga stasiun, yakni Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang dan fasilitas isi ulang air minum, termasuk penerapan grafik perjalanan kereta api (gapeka) mulai 1 Juni, serta hadirnya pembaruan aplikasi Access by KAI,” ujar Luqman.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi