Rabu, 01/05/2024 - 16:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Masjid-Masjid yang Dihancurkan di India

ADVERTISEMENTS

 NEW DELHI — Masjid berusia 400 tahun yang berada di New Delhi, India, terancam hancur usai perusahaan Kereta Api India mengajukan klaim atas tanah bangunan tersebut pada 22 Juli 2023. Klaim pemerintah India atas lahan di fasilitas ibadah umat Islam ini bukan kali pertama.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sebelum kemungkinan Masjid Bachchu Shah dan Masjid Takia Babbar Shah dihancurkan, masjid bersejarah abad ke-16 Masjid Shahi di kota Prayagraj di negara bagian Uttar Pradesh dihancurkan oleh buldoser pada 9 Januari. Pada November tahun lalu, sebuah masjid berusia 300 tahun di distrik Muzaffarnagar Uttar Pradesh yang berdiri di jalan raya juga dihancurkan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Masjid lain yang menjadi salah satu yang terbesar dan tertua di India Masjid Shamsi Jama di Budaun menjadi bahan sengketa tahun lalu. Masjid ini menjadi situs warisan nasional berusia 800 tahun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut Siasat Daily, dalam beberapa bulan setelah Pemisahan, sekitar 50 ribu masjid di Punjab, Haryana, dan Himachal Pradesh telah dihancurkan, dibakar, atau diubah menjadi kuil dan gurudwara, bahkan rumah.

ADVERTISEMENTS

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir dikutip dari Aljazirah, telah terjadi sejumlah kontroversi seputar monumen Mughal, termasuk Taj Mahal. Kelompok Hindu sayap kanan mengklaim tanpa baukti, bahwa itu adalah kuil Hindu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Keras, China Gunakan Meriam Air Usir Kapal Filipina di Perairan Sengketa

Penghancuran ilegal masjid bersejarah era Mughal, Masjid Babri, pada 6 Desember 1992, berfungsi sebagai deklarasi seruan perang bisu melawan sejarah. Masjid tersebut dihancurkan menjadi puing-puing oleh para relawan agama Hindu.

Mereka mengklaim bahwa sebuah kuil Ram kuno berdiri di lokasi yang sama. Gambar masjid yang dihancurkan memberikan gambaran grafis tentang gagasan India sebelum dan sesudah Babri. Penghancuran ini menandai dimulainya proyek nasionalis yang menolak semua kemungkinan pluralitas di tanah India.

Berikut ini beberapa daftar masjid-masjid yang yang dihancurkan di India:

Masjid Aapo Aap Punjab

Punjab menjadi wilayah dengan banyak masjid yang diubah secara ilegal sebagai rumah, termasuk masjid Aapo Aap yang berusia 200 tahun. Dewan Wakf Punjab mengajukan kasus di Pengadilan Sipil Nabha pada 1968 dan menang melawan penghuni ilegal Jatinder Kumar Bansal.

Penghuni ilegal kemudian menantang perintah pengadilan tetapi kalah lagi. Namun, tahun-tahun berlalu dan dewan Wakaf Punjab tidak dapat menguasai masjid. Pada 2004, setelah hujan lebat, dinding masjid runtuh. Penghuni masjid memanfaatkan kesempatan itu dan menghuni seluruhnya.

Berita Lainnya:
Rudal Iran Lintasi Al-Aqsa, Capai Target Militer di Israel

Masjid Jharsa Haryana

Masjid yang terletak di desa Jharsa yang didominasi Jat hanya memiliki satu sisi dinding yang tersisa. Kondisi ini tidak bisa berubah karena menyatu dengan rumah tetangga. Masjid itu  dihancurkan pada 1999.

Masjid Malik Asin Gujarat

Kota bersejarah Ahmedabad yang didirikan oleh Ahmed Shah adalah Kota Warisan Dunia pertama di India. Namun dalam kerusuhan 2002, warisan budaya ini telah dihancurkan.

Sedangkan Masjid Malik Asin yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mahmud juga dihancurkan dengan keterlibatan militer seperti yang dilaporkan dalam Communalism Combat. Pembongkaran melibatkan penggunaan derek dan buldoser dan diduga dilakukan di hadapan dua menteri India.

 

Masjid Khaja Andhra Pradesh

Otoritas pembangkit listrik menghancurkan masjid berusia 400 tahun Masjid Khaja di desa Kondapalli dekat Vijaywada pada 2018. Sebelumnya, temapt ini telah kehilangan sebagian besar tanahnya karena perambahan.

Masjid Ek Khana Telangana

Hyderabad memiliki banyak masjid bersejarah. Salah satu masjid tersebut adalah masjid Ek Khana berusia 200 tahun yang terletak di wilayah Hyderabad bernama Amberpet. Namun pada Mei 2019, masjid tersebut dibongkar sebagai bagian dari pelebaran jalan. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi