Selasa, 30/04/2024 - 02:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Melawan Hawa Panas Warga Spanyol Pakai Baju Renang ke TPS

ADVERTISEMENTS

MADRID – Spanyol menggelar pemilu pada Ahad (23/7/2023) di tengah hawa panas. Sebagian warga bangun lebih awal, menuju tempat pemungutan suara (TPS) mengenakan baju renang, dan menggunakan kertas suara untuk mengipasi tubuh yang kepanasan. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pada tengah hari, antrean panjang terlihat di TPS-TPS. Petugas pemilu memasang kipas angin, mesin AC portabel, serta membagikan minuman botol kepada para pemilih agar merasa nyaman karena tidak gerah akibat hawa panas. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Televisi pemerintah, RTVE melaporkan, satu TPS di Mallorca memindahkan delapan dari sembilan meja keluar ruangan setelah di dalam ruangan sudah tak tertahankan lagi panasnya. Sejumlah laporan juga menyatakan, beberapa pemilih lansia jatuh pingsan 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pada pukul 14.00 waktu setempat, sebanyak 40,5 persen pemilih sudah memberikan suaranya. Pada November 2019, dalam waktu yang sama baru 37,9 persen. Sekitar 2,47 juta atau tujuh persen pemilih sudah memberikan suaranya melalui pos sebelum Ahad. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Dua Mineral Baru Ditemukan di Bulan, Seperti Apa?

Sejumlah pengamat yang dikutip media lokal melihat antrean panjang pemilih di TPS terjadi lebih awal dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya. Kebanyakan pemilih menyatakan alasannya, yaitu menghindari sengatan panas. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

‘’Saya selalu memberikan suara di TPS lebih awal. Tak terlalu panas, lebih banyak ngopi,’’ kata seorang pemilih lansia. Sebuah video yang diposting di Twitter menunjukkan seorang laki-laki memberikan suara di selatan Malaga dengan snorkel, sandal, dan kemeja Hawai.

Ini bagian dari protes dirinya yang diminta untuk memberikan suara saat seperempat warga Spanyol biasanya dalam liburan. Sedangkan di Barcelona, beberapa warga mendatangi TPS dengan celana renang dan sandal. 

‘’Pantai bisa menunggu. Saya akan ke pantai sebab telah memberikan suara dan merasa lebih tenang,’’ kata Jose, seorang manajer toko yang enggan memberi tahu nama belakangnya. Badan Meteorologi Spanyol, AEMET mengeluarkan peringatan hawa panas pada Ahad. 

Berita Lainnya:
Sekolah Tatap Muka di Bangladesh Dibuka Lagi Meski Gelombang Panas Masih Terjadi

Wilayah paling panas menurut AEMET adalah Andalusia, Navarra, dan Aragon yang suhunya bisa mencapai 40 derajat Celsius. Sedangkan di wilayah lainnya termasuk ibu kota Madrid, bisa menembus angka 39 derajat Celsius.

Spanyol mengalami hawa paling panas dan musim semi terkering kedua sejak tercatat pada 1961. Suhu yang lebih tinggi dari rata-rata kemungkinan akan berlanjut pada musim panas ini. Gelombang panas sudah menyerbu pada Juni dan Juli. 

‘’Warga Spanyol akan memberikan suaranya dengan bebas meski dalam kondisi cuaca panas dan keberagaman. Kami menunjukkan kepada dunia, Spanyol mampu mengatasi suhu, disrupsi, dan liburan,’’ kata Alberto Nunez Feijoo, pemimpin People’s Party, di Madrid. 

Sebelumnya, ia menyerukan agar dianggap ilegal menyelenggarakan pemilu di tengah tingginya suhu di musim panas. Perdana Menteri  Pedro Sanchez mempercepat pemilu setelah mengalami kekalahan di pilkada pada Mei. Mestinya pemilu digelar Desember mendatang. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi