Kamis, 16/05/2024 - 17:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Terpecahnya Yahudi dan Nasrani Sikapi Kepercayaan Nabi Isa adalah Tuhan

Ilustrasi Kisah Nabi Isa. Yahudi dan Nasrani terbelah mendudukkan ‘ketuhanan’ Nabi Isa

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA— Sejak dulu orang-orang Yahudi dan Nasrani berselisih tentang sosok Isa putra Maryam. Kendatipun Allah SWT telah menunjukan pada mereka keagunganNya sehingga nabi Isa bisa bicara sejak masih bayi dan bersaksi bahwa dirinya adalah hamba Allah SWT dan kelak akan menjadi seorang nabi, namun  orang-orang Yahudi dan Nasrani tak mempercayainya. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

قَالَ إِنِّى عَبْدُ ٱللَّهِ ءَاتَىٰنِىَ ٱلْكِتَٰبَ وَجَعَلَنِى نَبِيًّا “Berkata Isa, “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi.” (QS Maryam ayat 30).  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Sehingga setelah saling berselisih tentang Isa putra Maryam orang-orang Yahudi dan Nasrani pun terpecah-pecah menjadi beberapa golongan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

فَاخْتَلَفَ الْاَحْزَابُ مِنْۢ بَيْنِهِمْۚ فَوَيْلٌ لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ مَّشْهَدِ يَوْمٍ عَظِيْمٍ “Golongan-golongan di antara mereka (Yahudi dan Nasrani) berselisih. Celakalah orang-orang yang kufur pada waktu menyaksikan hari yang sangat agung!”  

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Mencari Hakikat Harta Karun? Simak Kisah Orang Kaya Sombong dari Bani Israil

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dalam tafsir tahlili Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Kementerian Agama dijelaskan bahwa kaum Yahudi dan Nasrani lalu terbagi menjadi beberapa golongan. Yaitu: 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pertama, yakni golongan Yakubiyah. Golongan ini mengikuti ajaran seorang pendeta bernama Yakub yang mengatakan bahwa Isa putra Maryam adalah Tuhan yang turun ke bumi tetapi kemudian naik lagi ke langit. 

ADVERTISEMENTS

Baca juga: Ketika Kabah Berlumuran Darah Manusia, Mayat di Sumur Zamzam, dan Haji Terhenti 10 Tahun

ADVERTISEMENTS

 

Kedua, Golongan Nasturiah yaitu golongan yang mengikuti ajaran pendeta bernama Nastur yang mengatakan bahwa Isa adalah putra Tuhan yang diturunkan ke bumi kemudian diangkat-Nya kembali ke langit. Golongan ini mengatakan bahwa Isa adalah salah satu dari yang tiga yaitu: Bapak, putra dan Ruhul Kudus.  

Berita Lainnya:
Tips dan Doa agar Istiqomah

Ketiga, golongan yang mengatakan bahwa Isa adalah salah satu dari Tuhan yang tiga, yaitu Allah SWT, Isa anak-Nya dan Maryam ibu Isa. Ketiga golongan tersebut telah sesat karena meyakini Allah beranak dan meyakini Nabi Isa sebagai Tuhan.  

Akan tetapi ada  golongan keempat, yakni yang memiliki keimanan yang benar dan lurus sebagaimana yang diajarkan oleh nabi Isa. Golongan ini bernama Malakania. Mereka beriman kepada Allah SWT dan juga beriman kepada Nabi Isa bahwa Nabi Isa adalah hamba Allah SWT yang diutus sebagai nabi dan rasul-Nya.          

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi