Rabu, 17/04/2024 - 06:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Hutan Kota Ditertibkan, Amnesty International Ingatkan Pemprov tak Boleh Ada Diskriminasi

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid menanggapi rencana Pemprov DKI Jakarta yang akan menertibkan hutan kota di Cawang. Lokasi tersebut diduga menjadi tempat berkumpulnya lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Usman menyampaikan penertiban hutan kota sebenarnya baik sepanjang tujuannya memastikan kenyamanan bagi setiap warga tanpa diskriminasi dalam menikmati ruang publik di Jakarta. Hal itu bagian dari kewajiban pemerintah untuk dapat melayani, menghormati, dan memenuhi hak atas kota dari masyarakat Jakarta. 

ADVERTISEMENTS

“Namun pejabat perlu hati-hati dalam menyampaikan pendapat terkait penertiban seperti disampaikan PJ Gubernur DKI. Jika kurang hati-hati, pernyataan pejabat dapat berpotensi menyebabkan diskriminasi dan persekusi terhadap warga masyarakat, termasuk kelompok masyarakat minoritas,” kata Usman kepada Republika, Ahad (30/7/2023). 

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Usman mempertanyakan niat PJ Gubernur DKI Heru Budi yang ingin menjaga ketertiban dan keamanan di tempat umum seperti hutan kota Cawang. Usman menyayangkan kalau niatan Heru hanya ditujukan untuk menangani LGBT. 

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kerjasama PT SHB dengan Universitas Jambi, Perkepala Mahasiswa Dihargai Rp 230 Ribu

“Mengapa hanya menyasar kelompok masyarakat tertentu saja seperti mereka yang memiliki ekspresi dan identitas gender berbeda? Ini sudah merupakan sikap yang diskriminatif dan bisa memicu terjadinya persekusi. Persekusi adalah pelanggaran berat hak asasi manusia,” ujar Usman. 

Usman mengingatkan setiap orang termasuk warga Jakarta memiliki hak yang setara untuk menikmati fasilitas publik. Ini terlepas dari suku, ras, agama, atau identitas dan ekspresi gender serta orientasi seksual karena menurut Usman hal itu bukanlah tindakan kriminal. 

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

“Setiap orang memiliki hak yang sama dan setara di hadapan hukum dan pemerintahan. Hak itu dilindungi oleh hukum nasional maupun internasional,” ucap Usman. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Oleh karena itu, Usman mendesak pemerintah pusat dan daerah untuk tidak membuat pernyataan atau kebijakan yang merendahkan warga masyarakat hanya karena alasan identitas dan ekspresi mereka.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Seorang Wanita Ditemukan Tewas di Apartemen Jardin Bandung, Diduga Dibunuh

“Pejabat tinggi di sebuah ibukota sebesar Jakarta seharusnya melayani, mengayomi dan melindungi warganya dari diskriminasi, bukan malah membuat pernyataan-pernyataan yang dapat memicu diskriminasi dan persekusi,” ucap Usman.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sebelumnya diketahui, Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Wa Ode Herlina mengatakan terdapat tempat berkumpulnya kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di salah satu hutan kota, Jakarta Timur. Ia meminta Pemprov DKI untuk melakukan pengawasan tersebut.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Berkumpulnya kaum LGBT di kawasan Hutan Kota UKI Cawang, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, diakui meresahkan masyarakat. Warga sekitar mengaku resah atas kehadiran kaum tersebut yang saban malam berkeliaran di kawasan ruang terbuka hijau (RTH) itu.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi