Jumat, 17/05/2024 - 08:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BPOM Pastikan Sirop Obat Terkontaminasi DEG tak Ada di Indonesia

 JAKARTA — Badan Kesehatan Dunia (WHO) termasuk The National Agency for Food and Drugs Administration and Control (NAFDAC) Nigeria, dan Ghana Food and Drugs Authority (Ghana FDA) mengingatkan adanya sirop obat yang terkontaminasi dietilen glikol (DEG) atau dikenal dengan nama Naturcold di Kamerun, Afrika.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Namun demikian, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan jika sampai saat ini tidak ada produk tersebut yang beredar di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“BPOM  melakukan penelusuran pada beberapa marketplace dan tidak menemukan produk Naturcold diedarkan di Indonesia,” kata BPOM dalam pernyataannya dikutip di Jakarta, Selasa (1/8/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Dijelaskan BPOM, berdasarkan penelusuran intensif, produk dari produsen Fraken International, United Kingdom tersebut, juga tidak terdaftar di Indonesia. Ke depannya, BPOM berjanji untuk terus memantau perkembangan isu produk terkontaminasi tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pakar Apresiasi Terobosan Kejagung Soal Penanganan Kasus Korupsi

BPOM dalam pernyataannya juga mengatakan, telah melakukan penanganan komprehensif dan berkolaborasi dengan kementerian lembaga. Tujuannya, untuk mencegah kejadian sirop obat mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan DEG melebihi ambang batas aman.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

BPOM meminta agar masyarakat tetap waspada. Karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu membeli dan memperoleh obat di sarana resmi, yaitu apotek, toko obat berizin, atau fasilitas pelayanan kesehatan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Jika ingin membeli obat secara online, pastikan obat diperoleh melalui apotek yang telah memiliki izin Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementerian Kesehatan,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Diketahui, obat dengan nama produk Naturcold yang diproduksi di Fraken International, Inggris itu, diindikasi untuk meredakan gejala flu, pilek dan rinitis alergi. Aral melintang, berdasarkan informasi WHO melalui Medical Product Alert No. 5/2023 pada 19 Juli 2023 mengenai sirop obat di Kamerun, Afrika, yang terkontaminasi dietilen glikol (DEG), disebutkan bahwa hasil pengujian yang dilakukan pada WHO Contracted and Prequalified Laboratory, sampel produk sirop obat Naturcold mengandung cemaran DEG melebihi ambang batas yang ditentukan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Sementara itu, berdasarkan Public Alert No. 013/2023 Alert on Killer Cough Syrup Manufactured by Fraken in Cameroon yang dikeluarkan oleh NAFDAC Nigeria tanggal 23 April 2023 dan Alert No. FDA/HPT/SMD/SA/23/004 oleh Ghana FDA tanggal 27 Juni 2023, diinformasikan bahwa produk sirop obat NATURCOLD diduga menyebabkan kematian pada 6 (enam) anak berusia di bawah 5 tahun di distrik Fundong, wilayah Barat Laut Kamerun. Produk tersebut juga diduga tidak memiliki izin edar di Kamerun dan diperoleh dari sumber ilegal,” jelas BPOM.

Berita Lainnya:
Kisah Nyata! Biduan Cantik Perkosa Bocah SMP 3 Hari di Kosan, Begini Modusnya

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi