Minggu, 19/05/2024 - 05:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Sempat Mati, NASA Mendengar ‘Detak Jantung’ Voyager 2

 JAKARTA—Wahana antariksa Voyager 2 milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat  (NASA) telah mengirimkan sinyal “detak jantung” ke Bumi setelah kontrol misi tak sengaja memutus kontak. Hal tersebut disampaikan oleh NASA, Selasa (1/8/2023). 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Diluncurkan pada tahun 1977 untuk menjelajahi planet luar dan berfungsi sebagai mercusuar umat manusia ke alam semesta yang lebih luas, saat ini jaraknya lebih dari 19,9 miliar kilometer dari Bumi—jauh di luar tata surya. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Serangkaian perintah yang direncanakan dikirim ke Voyager 2 pada 21 Juli “secara tidak sengaja menyebabkan antena mengarah dua derajat dari Bumi,” kata Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA dalam pembaruan terkini. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Dilansir dari Japan Today, Rabu (2/8/2023), ini membuatnya tidak dapat mengirimkan data atau menerima perintah ke kontrol misinya—situasi yang tidak diharapkan dapat diselesaikan sampai melakukan manuver orientasi kembali secara otomatis pada 15 Oktober. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Tetapi pada Selasa (1/8/2023), manajer proyek Voyager Suzanne Dodd mengatakan kepada AFP bahwa tim tersebut meminta bantuan Deep Space Network-rangkaian antena radio raksasa internasional, ditambah beberapa yang mengorbit Bumi-dalam upaya terakhir untuk membangun kembali kontak lebih cepat. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Stasiun Luar Angkasa Tiangong China Rusak Akibat Serangan Puing-Puing

Satu hal yang mengejutkan mereka: ”Ini berhasil karena kami melihat sinyal ‘detak jantung’ dari pesawat ruang angkasa,” kata Dodd. “Jadi kami tahu pesawat ruang angkasa itu hidup dan beroperasi. Ini membangkitkan semangat kami.”

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dodd menambahkan tim tersebut “sekarang menghasilkan perintah baru untuk mencoba mengarahkan antena pesawat ruang angkasa ke Bumi,” meskipun dia mengatakan “kemungkinan kecil” itu akan berhasil. Namun, mengingat 15 Oktober masih jauh, NASA akan terus berusaha mengirimkan perintah ini. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sementara JPL membangun dan mengoperasikan pesawat ruang angkasa Voyager, misi tersebut sekarang menjadi bagian dari Observatorium Sistem Heliofisika NASA. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Voyager 2 meninggalkan gelembung magnet pelindung yang disediakan oleh matahari, yang disebut heliosfer, pada Desember 2018. Saat ini sedang melakukan perjalanan melalui ruang antar bintang. Sebelum meninggalkan tata surya kita, ia menjelajahi Jupiter dan Saturnus, dan menjadi pesawat luar angkasa pertama dan sejauh ini satu-satunya yang mengunjungi Uranus dan Neptunus.

Berita Lainnya:
Pesawat Ruang Angkasa Boeing Starliner Tunda Peluncuran Karena Masalah Roket Atlas V

Pendahulu Voyager2, Voyager 1 adalah pesawat ruang angkasa pertama umat manusia yang memasuki medium antar bintang, pada tahun 2012. Voyager 1 saat ini berada hampir 15 miliar mil dari Bumi. 

Kedua pesawat ruang angkasa Voyager membawa “Golden Records”. Yaitu, cakram tembaga berlapis emas berukuran 12 inci yang dimaksudkan untuk menyampaikan kisah dunia kita kepada makhluk luar angkasa. 

Ini termasuk peta tata surya kita, sepotong uranium yang berfungsi sebagai jam radioaktif yang memungkinkan penerima menentukan tanggal peluncuran pesawat ruang angkasa, dan instruksi simbolis yang menyampaikan cara memutar rekaman. Isi dari rekaman tersebut, dipilih untuk NASA oleh sebuah komite yang diketuai oleh astronom legendaris Carl Sagan, termasuk gambar kehidupan di Bumi yang dikodekan, serta musik dan suara yang dapat dimainkan menggunakan stylus yang disertakan.

Untuk saat ini, Voyager terus mengirimkan kembali data ilmiah, meskipun power bank mereka diperkirakan akan habis pada akhirnya, sekitar tahun 2025. Mereka kemudian akan terus mengembara di Bima Sakti, berpotensi untuk selamanya, dalam keheningan. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi