Senin, 22/07/2024 - 06:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Masjid Gurugram India Batalkan Shalat Jumat

GURUGAM — Bentrokan komunal saat ini tengah berlangsung di Haryana, India. Akibatnya, komunitas Muslim di Gurugram diimbau untuk melaksanakan shalat Jumat di rumah.

Bentrokan ini dimulai di wilayah Nuh, pada Senin (1/8/2023), dan menyebar ke Gurugram dan distrik lainnya. Berdasarkan laporan yang ada, hal ini telah mengakibatkan kematian enam orang, termasuk dua penjaga rumah dan seorang ulama.

Kekerasan itu berawal dari demonstrasi Vishwa Hindu Parishad (VHP). Massa yang ada menyerang prosesi dengan batu, membuat para peserta mencari perlindungan di dalam sebuah kuil.

Saat malam semakin larut, kekerasan semakin meningkat, dengan sebuah masjid dibakar setelah tengah malam. Massa mengamuk di Nuh dan Gurugram yang lokasinya berdekatan, membakar dan merusak lebih dari seratus kendaraan. Situasi tetap tegang dan bergejolak saat bentrokan terus berlangsung.

Berita Lainnya:
CIA akan Ikut Pembahasan Gencatan Senjata Gaza di Qatar, Ada apa?

Dilansir di Livemint, Jumat (4/8/2023), total 23 orang telah ditangkap sehubungan dengan insiden kekerasan baru-baru ini di Nuh. Mereka telah diajukan ke pengadilan, kemudian dikirim ke tahanan polisi hingga empat hari, pada Kamis kemarin.

“Sebanyak 23 terdakwa dalam 6 kasus berbeda diajukan ke pengadilan hari ini. Terdakwa dalam FIR No. 261 dikirim ke penahanan 4 hari. Satu terdakwa dikirim ke penahanan 3 hari, lima terdakwa dikirim ke penahanan 4 hari dan sisanya dikirim ke penahanan 5 hari,” tulis laporan berita ANI, mengutip Penasehat Hukum terdakwa.

Kamis kemarin, pemerintah Haryana memutuskan untuk mencabut sebagian kebijakan penangguhan layanan internet seluler di beberapa distrik, dari pukul 13.00 hingga 16.00 waktu setempat. Alasan di balik keputusan ini adalah agar kandidat yang hadir untuk tes CET/Skrining (postingan Grup C) dapat mengunduh kartu penerimaan mereka.

Berita Lainnya:
Pengakuan Mengejutkan Tentara Israel, Tembak Warga Palestina Sesuka Hati dan Bakar Rumah

Sementara itu, pembatasan internet sebagian akan dicabut di wilayah tertentu di Haryana, termasuk Nuh, Faridabad, Palwal dan wilayah yurisdiksi Sub Bagian Sohna, Pataudi, serta Manesar di Distrik Gurugram.

Keputusan tersebut diambil setelah terjadi bentrokan antara dua kelompok di Nuh, yang dipicu oleh penyerangan terhadap prosesi keagamaan yang melewati distrik tersebut. Insiden kekerasan ini mengakibatkan kematian dua penjaga rumah dan menyebabkan banyak orang, termasuk sekitar 20 polisi terluka.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَلَبِثُوا فِي كَهْفِهِمْ ثَلَاثَ مِائَةٍ سِنِينَ وَازْدَادُوا تِسْعًا الكهف [25] Listen
And they remained in their cave for three hundred years and exceeded by nine. Al-Kahf ( The Cave ) [25] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi