Selasa, 07/05/2024 - 11:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Trik Lindungi Diri dari Malware Berbahaya SafeChat

ADVERTISEMENTS

Ancaman terhadap ponsel android datang dari aplikasi yang bisa menyebarkan malware dan mencuri data secara diam-diam/ Ilustrasi

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Saat ini data menjadi sesuatu yang paling berharga. Namun, kekeliruan sesaat dapat membuat berisiko kehilangan semuanya. Baru-baru ini, sistem operasi Android dihadapkan pada ancaman baru terhadap keamanan data.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

SafeChat sebenarnya merupakan sebuah aplikasi yang tampaknya menawarkan keamanan percakapan yang lebih tinggi kepada pengguna. Namun, yang mengganggu, tim riset CYFIRMA telah menemukan sebuah perubahan yang berbahaya. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dikutip dari GizChina, Jumat (4/8/2023), aplikasi ini dapat menyebarkan malware ke smartphone pengguna dan mencuri data mereka secara diam-diam, terutama pada platform seperti WhatsApp.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Apple Alami Penurunan Penjualan Paling Tajam dalam Setahun

Berikut adalah beberapa tips untuk melindungi diri dari malware SafeChat:

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

• Instal aplikasi hanya dari sumber tepercaya, seperti Google Play Store. Google Play Store memiliki proses penyaringan yang ketat untuk aplikasi, jadi kecil kemungkinan akan menemukan malware di sana.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

• Berhati-hatilah dengan tautan yang diterima di WhatsApp. Jika menerima tautan ke suatu aplikasi dalam pesan WhatsApp, pastikan untuk memeriksa tautan itu dengan saksama sebelum mengkliknya. Jika tautan terlihat mencurigakan, jangan klik.

• Baca izin yang diminta aplikasi sebelum menginstalnya. Aplikasi apa pun yang meminta izin untuk mengakses data sensitif, seperti pesan teks, kontak, atau log panggilan, harus dicurigai.

• Selalu perbarui sistem operasi Android. Pembaruan perangkat lunak sering menyertakan tambalan keamanan yang dapat membantu melindungi smartphone dari malware.

Berita Lainnya:
INI Isi Chat Cabul Interviewers CV kepada Pencaker di LinkedIn, Sampai Tanyakan Hal Tak Senonoh Seperti...

• Gunakan aplikasi keamanan untuk memindai smartphone dari malware. Ada banyak aplikasi keamanan yang tersedia untuk Android yang dapat memindai smartphone dari malware. Aplikasi ini dapat membantu mendeteksi dan menghapus malware yang mungkin sudah ada di smartphone.

Malware tersebut merupakan ancaman serius bagi keamanan pengguna WhatsApp di Asia Selatan. Pengguna harus berhati-hati untuk tidak memasang aplikasi dari sumber yang tidak tepercaya.

Jika merasa telah terinfeksi malware SafeChat, maka segera lah uninstall pemasangan aplikasi, ubah kata sandi akun apapun, pindai smartphond dari malware, dan melapor ke perusahaan keamanan siber.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi