Rabu, 01/05/2024 - 11:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Misteri Negeri Punt, Peradaban Mesir Kuno yang Belum Terungkap 

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH — Tanah tempat tinggal yang terbuat dari alang-alang berbentuk sarang lebah, ditinggikan di atas panggung di atas air. Ini adalah cara orang Mesir kuno menggambarkan keberadaan Negeri Punt.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Negeri Punt, masih menjadi salah satu rahasia paling menonjol yang ditinggalkan oleh peradaban Mesir kuno sampai saat ini. Namun, terlepas dari penjelasan yang diberikan oleh orang Mesir tentang negeri Punt, yang juga mereka sebut “Tanah Tuhan“, tidak diketahui secara pasti di mana negeri tersebut berada atau siapa penduduknya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Seiring berlalunya waktu, sebagaimana dilansir Arabic Post, negeri Punt seolah menjadi cerita fiksi seperti keberadaan Atlantis. Meskipun negeri Punt ini disebutkan dalam banyak manuskrip Mesir, lokasi tepatnya masih belum diketahui. Walaupun ada beberapa spekulasi tentangnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Orang-orang negeri Punt awalnya digambarkan memiliki kulit merah tua dan rambut panjang. Tetapi pada Dinasti Ke-18, orang Punt digambarkan memiliki rambut pendek. Adapun rumah mereka terbuat dari alang-alang dan konon berbentuk sarang lebah.

ADVERTISEMENTS

Tampaknya ada hubungan komersial antara orang Punt dan orang Mesir kuno. Terlebih orang-orang Mesir sering mengunjungi istana firaun. Misi perdagangan yang dikirim oleh orang Mesir ke Punt setidaknya berasal dari Dinasti Kelima. Sedangkan catatan terakhir dari misi tersebut berasal dari Dinasti Kedua Puluh Ramses III.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Negeri Punt memang merupakan pusat perdagangan barang-barang yang diekspor tidak hanya ke Mesir, tetapi juga ke tempat-tempat lain di Afrika. Orang Mesir memperoleh dupa yang dikenal sebagai antyu dari Negeri Punt, yang diproduksi dalam jumlah besar di wilayah yang disebut Utjenet (Tanah Tuhan), dan dari Punt orang Mesir juga memperoleh gading, kayu hitam, dan getah.

Dari negari misterius itu, orang Mesir mengimpor kulit jerapah dan macan tutul yang dikenakan oleh para pendeta di rumah ibadah mereka. Terkadang mereka mengimpor sendiri hewan hidup untuk hiburan atau tujuan keagamaan. Misalnya, babun suci yang diimpor dari Negeri Punt.

Berita Lainnya:
Ini yang Dilakukan Dajjal dan Sufyani di Akhir Zaman

Karena barang-barang yang diimpor dari Negeri Punt digunakan oleh para pendeta untuk mendekorasi rumah ibadah, maka kemudian area tersebut dikenal sebagai “Tanah Tuhan”, dan secara khusus disebut sebagai taman dewa Amun.

Di salah satu lempengan di kuil kamar mayat Amenhotep III (Dinasti ke-18) tertulis pidato yang diberikan oleh dewa Amun, di mana dia berkata, “Aku mengarahkan wajahku ke arah matahari terbit, aku membuat keajaiban untukmu, aku membuat untukmu tanah Punt, dengan semua bunga harum yang terkandung di dalamnya.”

Prasasti atau Batu Palermo adalah catatan perjalanan tertua ke negeri Punt yang masih ada sampai sekarang. Prasasti itu berasal dari Dinasti Kelima Mesir. Belakangan, selama Dinasti Kesebelas, Tertulis tentang perjalanan ke negeri Punt yang diperintahkan oleh Mentuhotep III bersama 3.000 orang yang mengangkut material untuk membangun kapal di suatu tempat dekat Laut Merah.

Keledai digunakan untuk mengangkut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membangun kapal mereka, karena unta tidak tersedia sampai Persia menginvasi lama kemudian. Mentuhotep III adalah penguasa Kerajaan Tengah pertama yang dikenal mengirim ekspedisi ke Negeri Punt.

Lokasi pasti Negeri Punt memang tidak ada yang tahu pasti. Namun diketahui ada banyak jalan yang mengarah ke sana. Bisa dipastikan, misalnya, bisa dicapai dengan perahu dari Laut Merah. Di era Kerajaan Lama, perjalanan itu harus melintasi padang pasir di sebelah timur Memphis ke Teluk Suez, atau berangkat dari Sinai.

Disebutkan dalam salah satu manuskrip yang berasal dari era Dinasti Keenam di Mesir bahwa sebuah ekspedisi disergap saat sedang menuju ke Negeri Punt. Selama Kerajaan Tengah dan sesudahnya, pelayaran Laut Merah ke Negeri Punt biasanya dilakukan melalui Wadi Hammamet dan Qusayr. Belakangan, selama Kerajaan Baru di Mesir, orang Mesir mungkin bepergian ke negara itu dari pelabuhan di Berenice.

Berita Lainnya:
Menlu Mesir: Mesir, AS, dan Qatar Terus Upayakan Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Setelah perdagangan antara Mesir dan Negeri Punt dihentikan selama Periode Menengah Kedua, seorang peramal dari dewa Amun mengusulkan ekspedisi paling terkenal ke Negeri Punt.

Saat instruksi diarahkan kepada Hatshepsut, ratu terkenal dari Dinasti Kedelapan Belas, diaturlah perjalanan penjelajahan skala besar pertama ke tanah itu. Dalam teks instruksi tersebut, ada deskripsi seperti apa Negeri Punt yang dikatakan oleh dewa di zaman tersebut:

“Itu adalah area suci tanah Tuhan. Itu adalah tempat suci. Aku membuat tempat itu untuk diriku sendiri untuk menyucikan jiwaku, bersama ibuku, Hathor, Lady of Punt.”

Tempat suci kamar mayat Hatshepsut di Tepi Barat di Thebes (Luxor modern) menyertakan gambar detail misi di balkon keduanya, termasuk perjalanan laut dan bahkan penerimaan yang diterima misi dari Raja Puntland.

Gambar ini menunjukkan seorang raja berjanggut ditemani oleh ratunya yang gemuk. Ini menunjukkan tanda-tanda penyakit Dechrome dan memiliki tulang belakang yang bengkok. Perjalanan berlangsung pada musim panas tahun kedelapan Hatshepsut sebagai ratu.

Misi tersebut mencakup armada yang terdiri dari lima kapal dengan masing-masing tiga puluh pendayung, dan mereka kembali dari Negeri Punt dengan banyak parfum dan produk yang digunakan dalam kosmetik dan upacara keagamaan, serta membawa serta hewan dan tumbuhan eksotis.

Tertulis tentang ekspedisi ini:

“Kapal-kapal itu sarat dengan keajaiban Negeri Punt. Semua kayu harum dari tanah Tuhan, dan tumpukan damar mur, dan pohon mur segar, dan kayu hitam dan gading murni, dan emas hijau, dengan kayu manis kayu dan berbagai dupa, dan kosmetik untuk mata, dengan monyet, dan anjing kulit harimau selatan.”

Pohon mur mungkin ditanam di depan kuil kamar mayat Hatshepsut, karena akarnya masih terlihat.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi