Selasa, 07/05/2024 - 16:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Agar Anda tak Tergusur AI, Miliki Keterampilan Ini

ADVERTISEMENTS

Kemunculan AI belum tentu akan menggantikan berbagai profesi yang ditekuni manusia. Sebaliknya, kecerdasan buatan yang menyusup ke setiap lini industri bisa saja membantu produktivitas dan efisiensi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA – World Economic Forum telah memprediksi kecerdasan buatan (AI) akan menggantikan 83 juta pekerjaan global pada 2027. Kekhawatiran ini semakin mengemuka terutama setelah perusahaan rintisan dan teknologi melakukan PHK besar-besaran dalam beberapa waktu terakhir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Akan tetapi, jika ditelisik lebih dalam, kemunculan AI belum tentu akan menggantikan berbagai profesi yang ditekuni manusia. Sebaliknya, kecerdasan buatan yang menyusup ke setiap lini industri bisa saja membantu produktivitas dan efisiensi. Dengan catatan, para pekerja pun harus beradaptasi dan mengasah keterampilan agar tetap bisa mengikuti perkembangan zaman.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Astronom Deteksi Lubang Hitam Terbesar Kedua di Bima Sakti
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut data World Economic Forum, 50 persen pekerja perlu meningkatkan keterampilan dalam dua tahun ke depan untuk mengamankan posisi mereka di pasar kerja yang dinamis. Meskipun keterampilan teknologi dan manajemen data sangat penting, soft skill atau keterampilan apapun yang belum dikuasai mesin menjadi hal utama yang penting untuk diasah.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Penelitian terpisah yang disusun Deloitte memprediksi, pekerjaan yang membutuhkan soft skill akan mencakup hampir dua pertiga dari semua pekerjaan pada 2030. Lalu sebuah penelitian lainnya menunjukkan, kerja tim dan kolaborasi, pemecahan masalah dan pemikiran kritis, serta komunikasi adalah soft skill yang paling penting di tempat kerja.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Selain itu, kepemimpinan, social influence, serta ketahanan dan fleksibilitas juga termasuk soft skill yang penting juga untuk dikuasai oleh para pekerja,” demikian kata penelitian tersebut seperti dilansir Techwire, Ahad (20/8/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Para Astronom Temukan Lubang Hitam Bintang Terbesar yang Pernah Terlihat 

Jika Anda sudah bekerja di perusahaan besar, biasanya mereka akan memberikan pelatihan dan pengembangan bagi karyawannya. Perusahaan seperti Google, Microsoft, dan Salesforce telah berupaya mengatasi kesenjangan keterangan dengan melakukan berbagai pelatihan.

Namun jika perusahaan Anda belum menyediakan pelatihan dan pengembangan keterampilan masa depan, Anda mungkin bisa mengikuti kursus daring. Seperti misalnya dari Coursera dan Udemy yang bisa diikuti di luar jam kerja.

Selain itu, laman Techwire Asia Job Board juga bisa membantu mengembangkan para pekerja yang ingin beralih profesi atau mengembangkan karier. Bahkan laman tersebut juga akan menampilkan ribuan lowongan pekerjaan yang sedang merekrut pekerjaan.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi