Selasa, 28/05/2024 - 16:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Studi Terbaru: T Rex Mungkin tak Sejenius yang Dikira

Sebuah robot Tyrannosaurus Rex dipajang di Bangkok, Thailand, 08 Juni 2022. Penelitian terbaru menunjukkan T rex tidak sepintar yang dikira.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

JAKARTA — Perdebatan mengenai kecerdasan Tyrannosaurus rex (T rex) memasuki babak baru dengan penelitian terkini yang menyoroti bahwa raksasa purba ini mungkin tidak secerdas yang kita bayangkan. Sebuah studi kontroversial pada 2023 mengklaim bahwa T rex bisa memiliki kecerdasan sebanding dengan monyet modern, tetapi hasil penelitian baru menimbulkan keraguan terhadap klaim tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Menurut peneliti dari Universitas Heinrich Heine Jerman, dipimpin oleh ahli zoologi Kai Caspar, pengukuran otak yang digunakan dalam studi sebelumnya terbukti tidak akurat. Mereka menemukan bahwa asumsi tentang ruang endokrin di otak T rex yang sebagian besar diisi dengan otak ternyata tidak berlaku pada kebanyakan dinosaurus.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Ternyata Robot tidak Bisa Berlari Saingi Hewan Tercepat, Ini Alasannya

Lebih lanjut, Caspar dan timnya menekankan bahwa jumlah neuron dalam otak tidaklah secara langsung berkorelasi dengan kecerdasan. Mereka menyoroti bahwa faktor-faktor seperti pola konektivitas otak juga memainkan peran penting dalam menentukan kecerdasan suatu spesies.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Memperkirakan kecerdasan pada spesies yang telah punah bukanlah pendekatan yang tepat hanya dengan menghitung jumlah neuron yang direkonstruksi,” kata Caspar, dilansir Science Alert, Selasa (7/5/2024).

Studi ini mendorong perlunya pendekatan yang lebih holistik dalam menilai kecerdasan hewan prasejarah, termasuk analisis anatomi, perilaku, dan perbandingan dengan spesies modern. Meskipun beberapa petunjuk perilaku menunjukkan bahwa T rex mungkin bersifat sosial dan berburu secara berkelompok, hal ini tidak cukup untuk menetapkan tingkat kecerdasannya sebanding dengan primata.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Puluhan Ribu Terdampak Banjir-Longsor, Belasan Meninggal di Sulsel

“Dalam banyak hal, mereka mirip dengan buaya raksasa yang cerdas, dan itu sama menariknya,” ujar ahli paleontologi dari Universitas Southampton, Darren Naish.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Studi terbaru ini, yang dipublikasikan dalam jurnal The Anatomical Record, menyoroti kompleksitas dalam memahami kecerdasan hewan prasejarah seperti T rex

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi