Rabu, 01/05/2024 - 08:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Akademisi Unkris Gelar Webinar Series dalam Upaya Penyelamatan Kawasan SDEW dan Pesisir

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Pemanfaatan ruang yang tak sesuai dengan rencana tata ruang di kawasan sekitar situ, danau, embung, dan waduk (SDEW) serta kawasan pesisir dapat berdampak buruk bagi lingkungan, antara lain terjadinya okupasi badan air, penurunan kualitas air, dan persoalan lingkungan lainnya. Untuk mengatasi persoalan itu, Presiden RI Joko Widodo melalui Perpres Nomor 60/2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional telah menetapkan 15 danau prioritas nasional sebagai bagian dari upaya penyelamatan SDEW.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Namun fakta di lapangan, masih banyak terjadi pelanggaran pemanfaatan ruang di sekitar SDEW dan pesisir. Beberapa faktor pemicunya, antara lain kebijakan pengembangan wilayah dan pengembangan kawasan, mekanisme pasar terhadap kebutuhan ruang, belum jelasnya mekanisme pengendalian, masih lemahnya pengawasan pemanfaatan ruang, dan masih lemahnya penegakan hukum di bidang penataan ruang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam rangka memberikan sumbangan pemikiran terhadap upaya mewujudkan tertib tata ruang dan upaya penyelamatan Kawasan SDEW dan Pesisir, Universitas Krisnadwipayana (Unkris) melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) bekerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) akan menggelar webinar series dengan tema besar “Penyelamatan Pemanfaatan Ruang Sempadan Situ, Danau, Embung, Waduk (SDEW) dan Kawasan Pesisir”. Webinar series yang terbagi dalam 4 series tersebut melibatkan 4 fakultas dan terbuka untuk akademisi, praktisi, dan unsur pemerintahan maupun masyarakat umum dari seluruh wilayah Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
BEM Unsoed Desak Rektorat Evaluasi Melonjaknya UKT Mahasiswa Baru
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kami sudah menyiapkan pembicara-pembicara yang sangat kompeten dalam hal tata ruang dan penyelamatan SDEW pada setiap seri. Mengingat ini merupakan isu nasional yang sangat menarik, kami berharap para akademisi, pemda, maupun praktisi untuk ambil bagian dalam webinar ini,” kata Ketua LPM Unkris sekaligus Ketua Steering Committee (SC) Dr Susetya Herawati didampingi Kaprodi Perencanaan Wilayah Kota Unkris yang juga Sekretaris SC, Ir. Reny Savitri dalam keterangan persnya, Senin (21/8/2023).

ADVERTISEMENTS

Adapun ke-4 seri webinar tersebut meliputi webinar series I yang dimotori oleh Fakultas Teknik Unkris yang akan digelar pada 26 Agustus 2023. Dengan subtema “Pengendalian Pemanfaatan Ruang yang Berkeadilan dalam Penyelamatan SDEW dan Kawasan Pesisir”. Webinar ini akan menampilkan pembicara Direktur Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Kemen ATR/BPN Agus Sutanto, ST. M.Si Akadmisi Hukum UNPAD Bandung Dr. Maret Priyanta, SH. MH, Kepala Bidang Pemanfaatan Ruang Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, Merry Morfosa, ST. MT dengan moderator Sekprodi Teknik PWK FT Unkris Ir. Toni Rusmarsidik, MUM.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Webinar series II dimotori oleh Fakultas Hukum Unkris, akan digelar pada 2 September 2023 dengan subtema “Penegakan Hukum Tata Ruang Kawasan Sempadan SDEW dan Kawasan Pesisir”. Pada seri II ini akan tampil pembicara Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum dan Penyelesaian Sengketa Penataan Ruang Wilayah III Direktorat Penertiban ATR/BPN, Mochammad Darmun, S.Sos. M.Si, Kasubbag Minssidik Bagwassidik Rokorwas PPNS Pembicara 2 : AKBP Bayu Nusantara, S.H., M.H, Dekan FH Unkris Prof Dr. Abdul Latif, SH. MH dengan moderator Sekprodi Teknik PWK FT Unkris Ir. Toni Rusmarsidik, MUM.

Berita Lainnya:
Kemendikbud: Ekskul Pramuka tidak Dihapus, karena Ada Permendikbudristek

Lalu webinar series III yang dimotori oleh Fakultas Ilmu Administrasi akan digelar pada 23 September 2023. Mengangkat subtema “Kolaborasi Antar Pemangku Kepentingan dalam Penyelamatan SDEW dan Kawasan Pesisir”. Webinar series III ini akan menghadirkan pembicara Plh Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri Gunawan Eko Moviantao, MM, Ketua PMO JABODETABEKPUNJUR Kementerian ATR/BPN Ir. Wisnubroto Sarosa, CES. M.DevPlg, Dosen FIA Unkris Prof Dr. Budi Supriyatno, S.Sos. MM. M.Si. dengan moderator Sekropdi Teknik Unkris Ir. Toni Rusmarsidik, MUM.

Dan webinar series IV yang dimotori Fakultas Ekonomi pada 7 Oktober 2023 mengangkat subtema “Pengembangan Potensi Ekonomi SDEW dan Kawasan Pesisir Berbasis Masyarakat”. Tampil sebagai pembicara perwakilan Dijen Sumber Daya Air, Kemen PUPR, Dekan FE Unkris, dan pakar SDEW.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi