Jumat, 03/05/2024 - 15:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Lima Contoh Berbakti kepada Orang Tua Sesuai Tuntunan Islam

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Islam memerintahkan seorang anak untuk berbakti kepada orang tua. Beberapa hal bisa dilakukan oleh anak sebagai wujud baktinya kepada orang tua, walaupun sudah meninggal dunia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Dalam riwayat Abu Usaid, dia bercerita ketika duduk di samping Rasulullah SAW. Kemudian seorang laki-laki Anshar datang dan berkata, “Wahai Rasulullah SAW, apakah masih tersisa kewajiban atasku untuk berbuat baik kepada orang tuaku setelah kematian mereka berdua? Nabi SAW bersabda:

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 نَعَمْ خِصَالٌ أَرْبَعَةٌ الصَّلَاةُ عَلَيْهِمَا وَالِاسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِي لَا رَحِمَ لَكَ إِلَّا مِنْ قِبَلِهِمَا فَهُوَ الَّذِي بَقِيَ عَلَيْكَ مِنْ بِرِّهِمَا بَعْدَ مَوْتِهِمَا

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Ya, masih tersisa empat perkara yaitu, mendoakan untuk mereka berdua, meminta ampunan mereka, memenuhi janji mereka yang belum terselesaikan dan memuliakan teman- teman mereka serta silaturrahim yang tidak berhubungan dengan kamu kecuali dari jalur mereka. Itulah yang tersisa dari kewajibanmu untuk berbaik kepada orang tuamu setelah mereka meninggal.” (HR Ahmad)

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Posisi Tangan Nabi Muhammad ketika Sholat

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk berbakti kepada orang tua. Pertama adalah mendoakan mereka. Ini adalah salah satu amalan yang paling wajib dan diinginkan yang dapat dilakukan seseorang kepada orang tuanya. Berdoalah untuk mereka dengan rahmat dan ampunan, bimbingan dan kebenaran, kemudahan urusan, dan hal baik lain.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kedua, bersedekah atas nama orang tua. Ini bisa berupa wakaf atas nama mereka, bisa berupa pembangunan masjid, menggali sumur, membagi-bagikan Alquran kepada orang-orang yang membutuhkan, dan lainnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Tujuannya untuk menyebarkan kebaikan dan ilmu, sehingga orang tua akan menerima pahala terus-menerus bahkan setelah mereka meninggal dunia. Ini adalah bentuk kebaikan yang besar kepada mereka.

Berita Lainnya:
Makna Asmaul Husna Ash Shabur: Bersabar dan tidak Bergantung pada Manusia

Ketiga, yakni dengan memberikan kesejahteraan kepada mereka, walaupun mereka tidak memintanya. Keempat, dengan menghormati mereka, misalnya dengan mencium kepala dan tangan mereka. Ini adalah bentuk cinta dan kerendahan hati seorang anak kepada orang tua.

Kelima, dengan memuji dan menyebutkan kebajikan yang telah mereka perbuat kepada anak-anaknya. Orang tua telah memberikan banyak nikmat dalam hidupnya kepada putra putri mereka. Dengan uang, nasehat, bimbingan, motivasi, dan lain sebagainya.

Jika seorang anak memuji orang tuanya dan mengingatkan kebajikan tersebut di masa tuanya, ini adalah salah satu cara untuk menghormatinya dan mendatangkan kebahagiaan di hati orang tua tersebut.

sumber : Mawdoo.com

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi