Minggu, 19/05/2024 - 01:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Jokowi Sebut ASEAN Jadi Kawasan Paling Menarik Bagi Investasi

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ASEAN menjadi kawasan yang paling menarik bagi investasi asing. Pada 2022, sebanyak 17 persen investasi pun masuk ke ASEAN.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Jokowi juga menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi di ASEAN pada 2024 diperkirakan akan tertinggi di dunia, yakni mencapai 4,5 persen year on year. Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka ASEAN Business and Investment Summit 2023 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“ASEAN telah membuktikan diri sebagai kawasan yang damai, sebagai kawasan yang stabil, sebagai kawasan yang tumbuh sejahtera. Kita lihat pertumbuhan ekonomi ASEAN di 2024 diperkirakan tertinggi di dunia mencapai 4,5 persen yoy. ASEAN juga menjadi kawasan paling menarik bagi FDI di tahun 2022. 17 persen FDI masuk ke ASEAN,” ujar Jokowi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Presiden Sebut Putusan MK Penting Buktikan Pemerintah tidak Bersalah

Angka tersebut, kata Jokowi, merupakan yang tertinggi dibandingkan kawasan berkembang lainnya. Lebih lanjut, Jokowi juga menyebut bahwa sebanyak 65 persen populasi ASEAN berpotensi menjadi masyarakat kelas menengah pada 2030.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Hal inipun dinilainya menjadi modal besar bagi ASEAN untuk mewujudkan ASEAN menjadi episentrum pertumbuhan. Kendati demikian, di tengah kondisi dunia yang masih belum membaik, Jokowi menekankan agar ASEAN memiliki strategi yang tidak biasa-biasa saja.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Namun di tengah kondisi dunia yang sedang tidak baik-baik saja, strategi ASEAN, gak bisa hanya biasa-biasa saja, gak bisa. ASEAN butuh strategi taktis yang extraordinary, strateginya bukan strategi besar tapi taktis yang extraordinary,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Jokowi Duga Pabrik Sepatu Bata Tutup Karena Kalah Saing

Upaya-upaya tersebut, lanjut dia, membutuhkan kolaborasi yang solid dari seluruh negara, pengusaha, dan juga masyarakat. Jokowi pun berharap ASEAN-BAC berperan lebih besar dalam perumusan dan pengimplementasian strategi taktis kolaborasi lintas stakeholder.

ADVERTISEMENTS

“Saya berharap konsep ASEAN incorporated yang disampaikan Pak Arsjad yang diperkenalkan oleh ASEAN-BAC mampu menjadi jembatan komunikasi, menciptakan ekosistem yang saling menguntungkan, sehingga mampu memperkuat daya saing ASEAN dan meningkatkan kesejahterahan ASEAN,” lanjut Jokowi.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi