Sabtu, 27/07/2024 - 08:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Harga Beras Melonjak, Bapanas Percepat Distribusi Hampir Dua Juta Ton

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan pihaknya bersama Perum Bulog terus melakukan stabilisasi harga beras. Arief menyampaikan Perum Bulog saat ini memiliki stok cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 1,52 juta ton.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

“Mengenai stabilisasi khususnya beras, hari ini Bulog punya secured stok 1,52 juta ton, tinggal kita gelontorkan,” ujar Arief saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPR di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Arief memastikan stok tersebut akan cukup memenuhi kebutuhan nasional. Selain CBP yang ada, ucap Arief, tambahan stok juga akan datang hingga akhir tahun sebanyak 400 ribu ton beras.  

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Akan masuk lagi 400 ribu ton, jadi Pak Buwas (Dirut Bulog) hari ini kami tugaskan untuk tambahan 400 ribu ton (impor),” ucap mantan dirut RNI tersebut.

Berita Lainnya:
Catat, Produk-Produk Ini Wajib Bersertifikat Halal mulai 17 Oktober
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Arief mengatakan Bapanas terus melakukan monitor terhadap kondisi harga beras saat ini. Arief menyebutkan pengadaan beras Perum Bulog merupakan upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas pangan dan mencegah terjadinya kelangkaan pasokan.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Arief mengatakan 640 ribu ton dari total CBP sebanyak 1,52 juta ton juga akan segera didistribusikan untuk program pangan yang diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai September hingga November 2023. Arief optimistis program ini akan kembali mendorong stabilisasi harga beras.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Selama Dirut Bulog belum mendistribusikan yang 640 ribu ton, maka market tetap seperti hari ini, artinya, dalam September, Oktober, November, Januari, kemungkinan besar panen ini tidak akan mencukupi sama kebutuhan konsumsi,” lanjut Arief.

Berita Lainnya:
IM3 Dukung Voice of Baceprot Raih Prestasi di Panggung Internasional
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Oleh karena itu, Arief mengatakan Bapanas dan Bulog akan melakukan percepatan distribusi bantuan pangan mulai Senin (11/9/2023). Arief menjelaskan situasi terkini yang mana harga gabah saat ini ada yang mencapai Rp 7 ribu per kg.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Arief menyebutkan upaya stabilisasi harga pangan memerlukan kerja sama dari banyak pihak, termasuk kementerian teknis. Arief menyebutkan kolaborasi ini sangat penting mengingat urusan produksi dan importasi merupakan kewenangan dari kementerian teknis.

“Penugasan yang tertulis itu beras, jagung, kedelai, kami akan komunikasi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan karena rekomendasi dan izin impor ada di kementerian teknis,” kata Arief.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَإِذْ قَالَ مُوسَىٰ لِفَتَاهُ لَا أَبْرَحُ حَتَّىٰ أَبْلُغَ مَجْمَعَ الْبَحْرَيْنِ أَوْ أَمْضِيَ حُقُبًا الكهف [60] Listen
And [mention] when Moses said to his servant, "I will not cease [traveling] until I reach the junction of the two seas or continue for a long period." Al-Kahf ( The Cave ) [60] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi