Rabu, 01/05/2024 - 04:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Ini Upaya Antam Laksanakan Bisnis Berkelajutan

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Antam yang merupakan anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, senantiasa melaksanakan good mining practice dan melaksanakan keberlanjutan. Ini dilakukan Antam agar memberikan manfaat positif bagi masyarakat terutama di sekitar wilayah operasi. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Syarif Faisal Alkadrie, Sekretaris Perusahaan Antam memaparkan, isu environmental, social dan governance (ESG) menjadi isu yang krusial dalam industri pertambangan, karenanya Antam senantiasa berupaya untuk mematuhi ketiga aspek tersebut dalam menjalankan operasional bisnis perusahaan. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Antam merupakan perusahaan yang berkomitmen untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan, maka kami pun senantiasa mematuhi setiap aspek operasional pertambangan yang baik, termasuk di dalamnya dalam menjalankan ESG,” paparnya, dalam siaran pers, Jumat (8/9/2023). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Faisal menyebut perusahaannya telah melaksanakan aspek ESG dalam kegiatan operasi yang dilakukan. Ia menjelaskan perusahaannya melaksanakan sistem operasi yang ramah lingkungan dengan melakukan berbagai upaya dekarbonisasi, rencana aksi pemantauan dan pemeliharaan keanekaragaman hayati, pengelolaan air, termasuk pemanfaatan teknologi terbaru untuk membantu meningkatkan operasi pertambangan terintegrasi. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Bahlil: Perpanjangan Izin Usaha Tambang PT Vale Segera Rampung

“Salah satu upaya pengelolaan lingkungan untuk mendukung dekarbonisasi sekaligus pencapaian net zero emission 2060 adalah dengan penggunaan bahan bakar eco-friendly dan dari sumber energi terbarukan,” kata Faisal. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia menjelaskan upaya yang dilakukan Antam antara lain adalah penggunaan bahan bakar B30 untuk kendaraan alat berat di wilayah operasi dan juga penggunaan renewable energy sources seperti PLTA. 

Sementara pada aspek sosial, Faisal menyebut perusahaannya menjalankan komitmen keselamatan dan kesehatan kerja yang terlihat dari tercapainya zero fatality di Antam. “Kami juga menjunjung tinggi kebijakan Hak Asasi Manusia, menjalankan inklusivitas, serta memberikan perlakuan dan kesempatan yang sama bagi masyarakat lokal. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengembangkan masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan,” imbuh Faisal. 

Antam juga secara berlaka melakukan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) salah satunya melalui program kemitraan. Faisal menyebut melalui program ini, perusahaannya secara berkala melakukan pendampingan kepada para UMKM yang menjadi bagian mitra binaannya. 

Berita Lainnya:
ID FOOD Bangun Kemitraan Tebu dengan Desa Penyangga

“Pendampingan UMKM ini dilakukan Antam sebagai bagian dari kontribusi perusahaan untuk masyarakat, di samping kontribusi melalui pajak negara,” katanya lagi. 

Sebagai salah satu wujud implementasi aspek governance, Antam menjalankan tata kelola perusahaan dengan berdasarkan peraturan dan kebijakan yang berlaku. “Antam juga melakukan publikasi terkait kinerja perusahaan dan kinerja ESG secara rutin kepada publik sebagai bagian dari akuntabilitas dan transparansi informasi,” kata Faisal.

Komitmen Antam dalam implementasi ESG dinilai dan diakui baik oleh lembaga nasional maupun internasional yang kredibel dan independen. Sejak 2021, ANTAM telah terdaftar sebagai pada MSCI Indonesia ESG Leaders Index without major involvement in ESG controversies. Pada Bursa Efek Indonesia, Antam juga menjadi salah satu saham leading ESG Index In Indonesia. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi