Selasa, 30/04/2024 - 03:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Makna Bulan Rabiul Awal

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan Rabiul Awal 1445 Hijriyah. Bulan Rabiul Awal terdiri dari dua kata, yaitu Rabi’ dan Awal. Rabi’ berarti musim bunga, sedangkan Awal berarti yang pertama.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Menukil dari buku Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah terbitan Balai Pustaka, Rabiul Awal adalah bulan di mana bermulanya musim bunga bagi tanaman. Berdasarkan kebiasannya di Jazirah Arab, saat bulan Rabiul Awal buah-buahan mulai berbunga dan kemudian berbuah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Dan setelah kedatangan Islam, Rasulullah SAW telah mengabadikan nama Rabiul Awal ini hingga sekarang sebagai bulan ketiga dalam kalender Hijriyah,” jelas penulis buku tersebut, Ida Fitri Shohibah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi pada Syawal, Termasuk Perang Uhud
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bulan Rabiul Awal memiliki makna khusus dalam agama Islam karena pada tanggal 12 Rabiul Awal, umat Islam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu hari kelahiran Nabi Muhammad. Disebutkan bahwa Nabi Muhammad lahir pada 12 Rabiul Awal tahun gajah yang bertepatan dengan 23 April 571 Masehi.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Lalu kapan Rabiul Awal tahun ini?

Berdasarkan Kalender Masehi, 12 Rabiul Awal 1445 H bertepatan dengan 28 September 2023. Karena itu, Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini akan diperingati pada Kamis (28/9/2023).

Berita Lainnya:
Panduan Sholat Idul Fitri

Maulid Nabi Muhammad SAW biasanya dirayakan dengan berbagai kegiatan keagamaan dan kebudayaan di seluruh dunia Islam. Ini adalah waktu untuk merenungkan ajaran dan kehidupan Nabi Muhammad serta untuk meningkatkan rasa cinta dan penghormatan terhadap beliau.

Selain terdapat peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW, banyak peristiwa lainnya yang terjadi di bulan. Di antaranya adalah diangkatnya Nabi Muhammad sebagai Rasul, peristiwa hijrah, wafatnya Rasul, dan diangkatnya Abu Bakar sebagai khalifah.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi