Sabtu, 18/05/2024 - 05:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

AS-Iran Akhirnya Berdamai, Realisasikan Pertukaran Tahanan

DOHA —  Lima warga AS yang ditahan Iran akhirnya menghirup udara bebas dan terbang meninggalkan Teheran, Senin (18/9/2023). AS juga membebaskan lima warga Iran yang ditahannya disertai pencairan 6 miliar dolar AS dana Iran yang sebelumnya dibekukan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Sebuah pesawat yang dikirimkan mediator pertukaran tahanan itu, Qatar, menerbangkan lima warga AS serta dua kerabatnya keluar Teheran. Ini dilakukan tak lama setelah kedua belah pihak menerima konfirmasi dana 6 miliar dolar AS telah ditransfer ke rekening di Doha. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Pada saat bersamaan, dua dari lima warga Iran yang dibebaskan mendarat di Qatar. Demikian diungkapkan seorang pejabat AS.’’Tiga orang lainnya memilih untuk tidak kembali ke Iran,’’ ujar pejabat tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Seorang pejabat Iran menuturkan, lima warga AS yang memiliki dua kewarganegaraan, dalam penerbangan menuju Doha, dilanjutkan penerbangan ke AS. ‘’Mereka dalam kondisi sehat,’’ katanya menjelaskan mengenai proses pembebasan itu. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Media: AS Tawarkan Data Rahasia agar Israel tak Serang Penuh Rafah

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan, dua dari warga Iran yang sebelumnya ditahan AS dan dibebaskan lewat kesepakatan ini akan kembali ke Iran. Dua lainnya memutuskan tinggal di AS dan sisanya akan bersama keluarganya tinggal di negara ketiga. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurut Kanaani dana yang diblok di Korea Selatan setelah AS menjatuhkan sanksi lebih berat ke Iran pada 2018, bisa diakses pada Senin waktu setempat. Merujuk kesepakatan, Qatar akan menjamin dana itu dibelanjakan pada barang-barang kemanusiaan. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Warga AS yang memiliki dua kewarganegaraan yang dibebaskan termasuk Siamak Namazi (51) dan Emad Sharqi (59), keduanya adalah pengusaha. Juga Morad Tahbaz (67), pegiat lingkungan yang juga memiliki paspor Inggris. 

ADVERTISEMENTS

Mereka dibebaskan dari penjara kemudian berstatus tahanan rumah pada bulan lalu. Warga keempat juga lebih dulu menjadi tahanan rumah, sedangkan warga kelima sebelumnya telah menjadi tahanan rumah. 

ADVERTISEMENTS

Sedangkan lima warga Iran yang dibebaskan adalah Mehrdad Moin-Ansari, Kambiz Attar-Kashani, Reza Sarhangpour-Kafrani, Amin Hassanzadeh, dan Kaveh Afrasiabi. Dua pejabat Iran menyebutkan, Afrasiabi akan tetap berada di AS. 

Berita Lainnya:
Mesir: Israel Bertanggung Jawab Penuh Atas Bencana Kemanusiaan d Gaza

Kesepakatan pertukaran tahanan dan pencairan dana Iran itu tercapai setelah beberapa bulan perundingan di Doha, Qatar. Perundingan ini menghilangkan hambatan utama di antara AS yang melabeli Iran sponsor terorisme dan Iran yang menyebut AS sebagai setan besar. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi