Selasa, 30/04/2024 - 01:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Peristiwa yang Terjadi Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

ADVERTISEMENTS

Peristiwa yang Terjadi Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Foto: Mencintai Nabi Muhammad SAW (ilustrasi)

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Nabi Muhammad dilahirkan di tengah keluarga Bani Hasyim di Makkah pada Senin pagi tanggal 9 Rabiul Awal permulaan tahun dari peristiwa gajah dan 40 tahun setelah kekuasaan Kisra Anusyirawan atau bertepatan dengan tanggal 20 atau 22 bulan April tahun 571 Masehi. Untuk diketahui, Kisra adalah sebutan untuk beberapa raja Persia. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Hari kelahiran Rasulullah SAW tersebut berdasarkan hasil penelitian ulama terkenal bernama Muhammad Sulaiman Al-Manshurfuri dan peneliti astronomi Mahmud Basya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ibnu Sa’ad meriwayatkan bahwa ibu Nabi Muhammad SAW berkata, “Setelah bayiku keluar, aku melihat ada cahaya yang keluar dari kemaluanku menyinari istana-istana di Syam.”

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Rasulullah SAW Hingga Nabi Sulaiman Pernah Ditegur tak Ucapkan Insya Allah

Ahmad juga meriwayatkan dari Al-Arbadh bin Syariah yang isinya serupa dengan perkataan Ibnu Sa’ad.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Diriwayatkan bahwa ada beberapa bukti pendukung kerasulan bertepatan dengan saat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Yaitu runtuhnya separuh balkon istana Kisra dan padamnya api yang biasanya disembah oleh orang-orang majusi. Juga terjadi runtuhnya beberapa gereja di sekitar Buhairah setelah gereja-gereja itu ambles ke tanah. Hal ini diriwayatkan Al-Baihaqi, meski tidak diakui Muhammad Al Ghazali.

Setelah Aminah (ibu Nabi Muhammad SAW) melahirkan, Aminah mengirim utusan ke tempat kakeknya Abdul Muthalib untuk menyampaikan kabar gembira tentang kelahiran cucunya. Maka Abdul Muthalib datang dengan parasaan sukacita.

Kemudian Abdul Muthalib membawa Nabi Muhammad SAW ke dalam Kabah sambil berdoa kepada Allah SWT dan bersyukur kepada-Nya.

Berita Lainnya:
Mengapa Kurma Menjadi Menu Sunnah untuk Berbuka Puasa?

Abdul Muthalib memilih nama Muhammad bagi Nabi Muhammad SAW, nama ini belum pernah dikenal di kalangan Arab. Nabi Muhammad SAW dikhitan pada hari ketujuh seperti yang biasa dilakukan orang-orang Arab.

Wanita pertama yang menyusui Nabi Muhammad SAW setelah ibunya adalah Tsuwaibah, hamba sahaya Abu Lahab yang kebetulan sedang menyusui anaknya yang bernama Masruh yang sebelum itu wanita ini juga menyusui Hamzah bin Abdul Muthalib. Setelah itu Tsuwaibah menyusui Abu Salamah bin Abdul Asad Al Makhzumi.

Sumber:

Kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW ini dilansir dari Sirah Nabawiyah yang ditulis Syekh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri, diterjemahkan Kathur Suhardi, diterbitkan Pustaka Al-Kautsar, 2012.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi